Jelajahi Waduk Selorejo

Jelajahi Waduk Selorejo

Para wisatawan menyukai wisata outbound yang dikemas dengan game dan edukasi, seperti Flying Fox, War Game, Rafting, hingga Mini Race

MALANG - wartapedia :Kabupaten Malang memiliki banyak obyek wisata yang menarik dikunjungi, terutama wisata Alam. Topografi wilayah pegunungan dengan hawa sejuk, membuat kabupaten malang menjadi salah satu daerah destinasi favorit bagi wisatawan manca negara maupun domestik.

Salah satunya adalah Selorejo Park yang berada di kecamatan Ngantang letaknya ± 48 km dari kota Malang. Salah satu daya tarik dari obyek wisata ini adalah taman wisata, dimana pengunjung dapat menikmati keindahan bendungan yang dikelilingi oleh perbukitan dan gunung Anjasmoro,gunung Kelud, serta gunung Kawi.

Pepohonan dengan tajuk sedang, dan hawa sejuk menambah suasana berlibur menjadi lebih menyenangkan. Sebenarnya, pesona yang ditawarkan pengelola dalam hal ini PT Jasa Tirta II adalah waduk Selorejo, namun seiring berkembangnya waktu, pembenahan infrastruktur dan sarana obyek wisata terus dikembangkan.

Mulai dari dermaga perahu yang mengangkut para wisatawan menikmati keindahan pemandangan bendungan Selorejo. Perahu ini menggunakan sarana perahu dayung atau perahu mesin. Kemudian, sarana outbound yang dikelola oleh dua operator yakni Outbound Indonesia "Dilibas" dan  Tran's Trek.

Konsep pengembangan wisata di Selorejo Park ini dilakukan seiring dengan makin banyaknya permintaan wisata jelajah alam. Ir Handri Kartiono MBA, pengelola Trans Trek mengatakan tren berwisata yang dilakukan oleh pengunjung mulai bergeser ke wisata petualangan, permainan dan eduwisata.

Pengunjung yang melakukan jelajah wisata, umumnya berasal dari instansi atau perusahaan. Berapa jumlahnya? ditanya demikian, Handri mengatakan dari dua operator outbound melayani sekitar 300-500 pengunjung perhari. "itupun belum termasuk pengunjung lokal yang datang ke selorejo" tuturnya.

Mini Track, imbuh Handri, ada dua macam, yakni jelajah alam dan sepeda gunung. Kondisi taman wisata Selorejo ini memang sangat kondusif untuk penjelajahan, karena memiliki medan jelajah yang sangat menantang. Selain itu, pengelola PT Jasa Tirta menyediakan fasilitas Jet ski dan Kolam renang.

Di selorejo, pengunjung dapat menikmati panorama matahari terbit dan terbenam. untuk menu kuliner, kita dapat menikmati sajian makanan lokal khas warung-warung dalam taman wisata yang menyediakan Ikan Wader, ikan nila, mujair dan ikan tombro, yang merupakan hasil tangkapan di Waduk Selorejo.

Selorejo Park juga menyediakan padang golf 9 hole yang terletak di pinggir waduk. Meski bukan merupakan padang golf berstandar internasional, namun setidaknya udara yang sejuk di pagi hari dapat memberikan sensasi saat pegolf bermain birdie. (fan)

"Kebanyakan kegagalan hidup berasal dari orang yang tidak menyadari betapa sudah dekatnya mereka pada kesuksesan saat mereka memutuskan untuk menyerah"
Thomas Alva Edison