Wanita Ini Tewas Usai Konsumsi Telur Ikan

Tuban – Seorang wanita diketahui tewas usai mengkonsumsi telur ikan Buntal. Diketahui korban bernama Kasmini (40) warga Desa Mliwang, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Umumnya warga Kabupaten Tuban menyebutnya dengan ikan Buntet, sebab bentuk perutnya yang bisa mengembang dan mengkerut. Ikan buntal secara umum dipercayai sebagai vertebrata paling beracun kedua di dunia setelah katak racun emas. Organ-organ dalam seperti hati dan kadang kulit mereka sangat beracun bagi sejumlah hewan jika dimakan

Ikan ini masuk dalam kategori keluarga Tetraodontidae, yakni sebuah keluarga dari ikan muara dan laut yang berasal dari ordotetraodobformes.

Secara morfologi, ikan-ikan serupa yang termasuk dalam famili ini serupa dengan ikan Landak. Nama ilmiah ini merujuk pada empat gigi besar yang terpasang pada rahang atas dan bawah yang digunakan untuk menghancurkan cangkang mangsa alami mereka.

Dari data penyelidikan, awalnya Minggu (11/2) pagi, ibu 2 anak tersebut membeli ikan pada pedagang keliling seperti biasanya. Pedagang yang menjual ikan juga kurang mengetahui bahwa ikan jualannya termasuk dalam daftar ikan beracun seiring dengan itu, korban memilih dan membeli sendiri ikan yang ada.

Setelah dimasak, ikan Buntal goreng pun siap disajikan dan disantap. Kasmini yang tidak mengetahui bahwa hidangan ikan miliknya tersebut beracun, langsung menyantapnya saja. Belum juga usai dia makan, tiba-tiba Kasmini merasa mual dan pusing kepala.

Melihat kondisi istrinya yang terindikasi keracunan, Suyudi (45), suami korban pun langsung memberikan pertolongan pertama kepada istrinya dengan memberikan air kelapa muda untuk menetralisir racun yang diindikasikan dari ikan Buntal tersebut.

Melihat tubuh istrinya yang tergolek lemas, Suyudi kemudian membawanya ke rumah sakit, setelah sebelumnya diperiksakan ke petugas kesehatan desa setempat. Sekitar pukul 19.00 wib, kondisi korban semakin melemah hingga kemudian meninggal dunia.

“Kita sudah periksa semuanya, murni memang korban terindikasi usai makan telurnya ikan Buntet atau buntal itu. Memang sudah diperiksa dan dibawa ke rumah sakit. Pihak keluarga sudah kami berikan surat keterangan tantpa outopsi, dan diserahkan keluarga,” ujar Kasubbag Humas Polres Tuban, Iptu Agus EP, Senin (12/2).

Sejumlah barang bukti juga turut diamankan oleh petugas. Seperti sisa makanan korban, ikan buntal goreng, serta pakaiannya. Saksi dan keterangan tim medis juga menyatakan bahwa kematian korban, diduga karena keracunan makanan.