Timsus Speed Satlantas Polrestabes Surabaya Amankan Puluhan Mobil Tanpa Dokumen

Surabaya – Unit Timsus Speed bentukan dari Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Surabaya berhasil mengamankan 32 unit mobil tanpa dilengkapi dokumen yang sah.

Kendaraan yang merupakan sitaan petugas Lalu Lintas tersebut mulai bulan Januari hingga bulan Juli 2018, saat ini puluhan mobil tersebut diamankan di halaman kantor Satpas SIM Colombo Surabaya.

Dalam keterangan rilisnya, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan didampingi Kasat Lantas Polrestabes AKBP Eva Guna Pandia menjelaskan bahwa barang bukti mobil tersebut merupakan hasil ungkap Timsus Speed Satlantas Polrestabes Surabaya selama satu semestar yang berhasil diamankan di beberapa jalur utama wilayah kota Surabaya, diantaranya di Jalan Darmo, Jalan Acmad Yani dan sebagainya. Berkat kejelian anggota dilapangan yang menaruh kecurigaan, ternyata dokumen yang dibawa ada perbedaan dengan yang aslinya.

“32 unit mobil tersebut tertangkap karena pelat nomornya tidak sesuai dengan spesifikasi kendaraan, beberapa di antaranya ada yang diamankan dari debitur yang mengalami kredit macet dan juga diduga mobil curanmor, penipuan dan penggelapan, akhirnya setelah dilakukan penyelidikan oleh petugas Satreskrim Polrestabes Surabaya, mobil tersebut diketahui terlibat tindak pidana, diantaranya tindak pidana fidusia, penipuan, penggelapan pencurian kendaraan bermotor(curanmor) maupun pencurian dengan kekerasan(curas).” ungkap Kapolrestabes Kombes Pol Rudi Setiawan

Rudi menambahkan, pihaknya masih mendalami dan akan mengembangkan, karena beberapa diantaranya diduga hasil kejahatan, selain itu juga kendaraan kendaraan ini ada yang dipalsukan baik STNK maupun BPKB nya.

Sementara itu, Kasatlantas Polrestabes Surabaya AKBP Eva Guna Pandia menyatakan tidak segan segan menahan dan mengamankan mobil-mobil yang tanpa dilengkapi dokumen yang sah tersebut.

’’Setelah dipastikan bodong, nanti dilimpahkan ke satreskrim untuk penyelidikan, selain itu sebagian besar kendaraan yang berhasil diamankan timsus tersebut merupakan mobil kredit macet, curammor dan juga perampasan,” jelas Pandia.  (son)