Tim Gabungan Amankan Warga Tionghoa Diduga Salah Gunakan Visa

Nusa Tenggara Timur – Tim Gabungan dari Bais TNI, Imigrasi Atambua, Unit Intel Kodim 1618/TTU, Intel Polres TTU dan KesbangPol TTU, mengamankan satu warga negara asing asal Tionghoa di Jl Eltari Km 5 Jurusan Kupang, RT/RW: 003/003,
Kelurahan Maubeli Kecamatan Kota Kefamenanu.

Warga Negara Tionghoa tersebut diamankan di rumah milik Katharina Diduk yang selama ini dikontrak oleh WN Tionghoa tersebut, Rabu (6/6) Malam.

Warga Negara Tionghoa tersebut diketahui bernama Xu Yipeng yang berdomisili di Kabupaten TTU sejak Februari lalu karena tidak memiliki paspor dan diduga menyalahgunakan Visa yang dikatonginya.

Informasi menyebutkan, keberadaan Xu Yipeng di Kabupaten TTU guna melakukan aktifitas Bisnis mengepul Biji Pohon Gewang dari masyarakat dengan harga per kilo gram Rp 2.500 rupiah sejak Februari lalu.

Dalam melancarkan aktifitas Bisnisnya, Xu Yipeng dibantu oleh Loisye Chandra yang akrab disapa Kuku.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Timor Tengah Utara, Yoseph Kuabib, membenarkan adanya pengamanan terhadap warga negara asing (WNA) asal Tionghoa di Jl Eltari Km 5 Jurusan Kupang, RT/RW :003/003, Kelurahan Maubeli Kecamatan Kota Kefamenanu.

Xu Yipeng, menurut Yosep Kuabib, diamankan karena diduga kuat menyalahgunakan Visa yang dimilikinya. WN Tionghoa tersebut memegang Paspor Republik Cina dengan Nomor Pasport E 36524984 dengan identitas pemiliknya bernama Xu Yipeng, Keterangan lahir, Fujian 01 Oktober 1996.

Dalam melaksanakan bisnis tersebut, Xu Yipeng bersama dengan Ibundanya bernama A Mei yang saat ini lagi berada di Surabaya.

“Kemarin kita bersama Tim Gabungan dari Bais TNI, Imigrasi Atambua, Unit Intel Kodim 1618/TTU, Intel Polres TTU mengamankan Xu Yipeng WNA asal Tionghoa di rumah milik Katharina Diduk di Km 5 Jurusan Kupang,” tukasnya. Jumat (8/6)

Yosep menambahkan, usai diamankan oleh Tim gabungan dari Bais TNI, Imigrasi Atambua, Unit Intel Kodim 1618/TTU, Intel Polres TTU dan KesbangPol TTU, Xu Yipeng dibawa oleh Kasiwas POA Imigrasi Atambua, Danang untuk dimintai keterangan lanjutan.

Namun hingga kini pihaknya belum mendapatkan laporan balik dari Pihak Imigrasi Atambua terkait deportasi WN Tionghoa yang diamankan di Kabupaten TTU. (Lius)