Terdampar di Pantai Tuban, Hiu Tutul Ini Jadi Tontonan Anak Sekolah

Tuban – Seekor ikan jenis Hiu terdampar dipantai turut Desa Kaliuntu, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Hiu jenis tutul karena warna kulitnya itu menjadi tontonan warga sekitar.

Awalnya, ikan degan berat sekitar 5 Kwintal itu terjaring jala nelayan, Sunari warga desa setempat pada Selasa (25/9).

Sunari tidak mengira kalau jala Dogol terinya tersebut akan memperoleh ikan hiu sebesar itu. Sebab, biasanya jala terinya hanya memperoleh ikan kecil dan ikan teri layur lainnya.

Ketika itu, Sunari justru hendak mengangkat jalanya untuk dibawa ke perairan dangkal atau sekitar 10 Km dari bibir pantai. Tiba tiba, jalanya menyangkut ikan Hiu sepanjang sekitar 3 meter tersebut. Karena sudah di perairan dangkal, ikan tersebut nampaknya sudah dalam keadaan lemas dan sulit untuk kembali ke perairan dalam laut.

Kondisi ikan Hiu tutul yang masih keluarga hewan dilindungi oleh pemerintah itu, akhirnya mati di pantai pesisir desa setempat.

Oleh warga justru dijadikan bahan tontonan dan ajang foto selfi. Bahkan tak sedikit yang heran dengan adanya ikan hiu sebesar itu. Biasanya warga hanya melihat jenis ikan tongkol dan lainnya dengan ukuran dibawah 1 kwintal.

Kini, kondisi ikan dibiarkan membusuk di pantai. Terlihat anak sekolah memadati pantai hanya untuk melihat ikan pemangsa plangton tersebut.

“Katanya ada ikan hiu jadi saya pengen melihat, belum pernah melihat langsung, “ kata FR (14) warga setempat.

Sementara itu, Soleh salah satu Nelayan warga setempat juga membenarkan adanya ikan hiu yang ada di sekitar pantai desanya. Ikan hiu tersebut awalnya sudah berusaha dikembalikan oleh sang penemunya. Namun karena kondisinya lemas, akhirnya hiu tersebut mati.

“Awalnya terseret jarring dan terdampar di pantai. Ikan hiu seperti in banyak diteukan di perairan Lamongan pada sekitar Bulan 5 hingga 8. Namun biasanya pada bulan 10 hingga 12 hiu akan hilang denga sendirinya dari perairan. Konon masih menjadi mitos bahwa ikan itu pengikutnya Sunan Giri Lamongan, “ jelasnya. (Afi)