Indoleaks: Situs Pembocor Rahasia Indonesia

Indoleaks: Situs Pembocor Rahasia Indonesia

JAKARTA - wartapedia: Trend situs pembocor rahasia yang meniru konsep WikiLeaks kini hadir di Indonesia namanya Indoleaks.

Menurut laman www.indoleaks.com yang baru dibuat 7 Desember 2010 itu, Indoleaks muncul sebagai jawaban atas kebuntuan informasi. Terutama informasi yang berpeluang menjadi bumerang pada penguasa, politisi dan kaum jahat lainnya di Indonesia.

Koleksinya diklaim berjumlah ratusan. Namun, hingga saat ini Indoleaks belum mengungkap identitas para pengurusnya. Situs ini tampil sederhana dan mengajak mereka yang ingin berbagi informasi penting untuk mengirimkan dokumen melalui email Indoleaks

Syarat itu diantara lain, dokumen harus asli tanpa ada opini menyertainya, memiliki kepentingan publik. Indoleaks menyatakan bersedia melindungi narasumbernya dengan nama anonim.

Hingga berita ini diturunkan, Indoleaks telah menerbitkan beberapa dokumen, antara lain: Hasil Visum Korban G30S PKI, Hasil Audit BPK terkait Lumpur Lapindo, laporan kedubes AS mengenai Timor Timur, transkrip mantan presiden Soeharto dengan Gerald Ford, laporan akhir Tim Pencari Fakta (TPF) kasus Munir, serta Memorandum of Understanding (MoU) pemerintah Indonesia dan Microsoft.(c6/rid)

Bumi ini cukup untuk tujuh generasi, namun tidak akan pernah cukup untuk tujuh orang serakah
Mahatma Gandhi