SuperMoon: Fenomena Bulan dekat dengan Bumi

SuperMoon: Fenomena Bulan dekat dengan Bumi

Tahun 2011, fenomena Supermoon atau Lunar Perigee ini akan terjadi pada tanggal 19 Maret 2011

Fenomena Supermoon atau posisi bulan yang berada dekat dengan bumi. Orbit Bulan dalam jarak paling terdekat ini terjadi sekitar 2 dekade sekali.

Pada posisi ini Bulan akan nampak lebih besar. Oleh sebagian pakar astronom, fenomena yang terakhir terjadi pada 1993 ini diprediksi akan membawa bencana. Sebagian lain tidak terlalu mengkhawatirkan.

"Tak akan ada gempa bumi atau gunung meletus, jika memang itu terjadi, itu sudah ditakdirkan." ujar Pete Wheeler dari International Centre for Radio Astronomy, seperti dilansir News.com.au, Jumat 4 Maret 2011.

Kendati masih teka-teki,  namun sejarah pernah bencana di Bumi pernah terjadi saat fenomena lunar perigee, Misalnya, badai di New England 1938, banjir di Lembah Hunter tahun 1955, Bencana Siklon Tracy di tahun 1974, serta badai Katrina di 2005 diyakini juga terkait Fenomena SuperMoon.

Ilmuwan Bumi dan Planet dari Adelaide University, Dr Victor Gostin menyatakan ada kemungkinan korelasi antara gempa bumi berskala besar di dekat katulistiwa. "Bisa dianalogikan bahwa pasang surut air laut akibat gaya tarik bulan, dan pergerakan Bumi akibat gravitas Bulan dapat memicu terjadinya gempa bumi." ujarnya

Manusia bisa memprediksi dan beranalisa, namun alangkah baiknya semua dikembalikan pada takdirNYA.(c7/rdi)


LINK TERKAIT :

"Jangan Tuan terlalu percaya pada pendidikan sekolah. Seorang guru yang baik masih bisa melahirkan bandit-bandit yang sejahat-jahatnya, yang sama sekali tidak mengenal prinsip. Apalagi kalau guru itu sudah bandit pula pada dasarnya."
Frischboten