Tax Gathering Beri Stimulan Bagi WP Untuk SPT Tahunan

Tuban – KPP Pratama Tuban terus melakukan inovasi untuk memberikan kemudahan bagi pelaporan wajib pajak (WP). Baik pelaporan tahunan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), perseroan atau warga lainnya.

Bertempat di rumah makan Jl.Basuki Rahmad, Tuban Rabu (14/3) telah dilaksanakan acara Tax Gathering Pelaporan SPT tahunan PPH. Salah satunya dengan cara contoh penyampaian melalui E- Filling atau pelaporan PPH dengan On Line.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk pemberian contoh kepada wajib pajak untuk rutin melakukan pelaporan pajaknya setiap tahun.

Upaya KPP Pratama Tuban agar terus mewujudkan masyarakat sadar pajak terus digenjot. Baik melalui media sosial, media pemberitaan, sosialisasi, hingga memberikn bantuan pengisian di kantor.

“Tujuan acara ini untuk memberikan contoh kepada wajib pajak bahwa pelaporan pajak bisa melalui E Filling,” kata Kepala Kantor KPP Pratama Tuban, Eko Ratnadi Susetyo.

Lanjutnya, bahwa seluruh ASN, TNI dan Polri wajib melaporkan SPT tahunannya melalui aplikasi efiling. Disampaikan pula bahwa sampai dengan tgl 14 Maret 2018 ini baru sekitar 60% dari pegawai Pemkab yang telah melaporkan.

Dengan acara ini, pihaknya yakin akan berdampak baik hingga seluruh ASN mencapai 100%.

“Saya yakin, arahan bupati akan bagus dan setelah acara ini bisa tarjed 100%,” imbuhnya.

Sebelumnya, KPP Pratama Tuban dengan Pemkab Tuban didahului dengan pelaksanaan KSWP (konfirmasi status wajib pajak). Sampai hari ini sudah menjaring 146 pemohon ijin yang ditunda prosesnya oleh dinas perijinan karena kepatuhan nya belum terpenuhi.

Dijelaskannya bahwa program ini sangat didukung demi pemenuhan kewajiban perpajakan wajib pajak tuban. Bahkan secara langsung Bupati menginstruksikan kepada para kepala Satuan Kerja (satker) jika ada pegawai yg belum lapor efiling agar diberikan peringatan.

Pemkab tuban mendukung penuh upaya untukmemenuhi target penerimaan pajak. Sebab pada saatnya akan dirasakan kebaikannya bagi masyarakat tuban. Pajak yang dibayarkan oleh para wajib pajak akan kembali untuk kebutuhan warganya.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban, Fathul Huda menjelaskan bahwa sangat mengapresiasi langkah KPP Pratama dalam mencetuskan ide kreatif untuk pelayanan wajib pajak.

Dengan Efilling akan memberikan kemudahan dalam pelaporan pajak. Diingatkannya bahwa Pajak merupakan bagian dari kewajiban umat muslim.

“Wajib mengisi SPT untuk pegawai negeri, saya minta kepala kantor cabang lapor saja, nanti akan saya panggil. Kenapa, karena pajak adalah sumber APBN lebih dari 80 persen. saya akan intruksikan bagi ASN yang belum melaksanakan pajaknya, ” katanya.

Senada juga disampaikan Kakanwil DJP Jawa timur 2, Neilmaldrin Noor. Pihaknya sangat mengapresiasi dukungan Pemkab Tuban kepada jajaran KPP pratama tuban.

“Saya terkesan dengan dukungan pemkab kepada staf kami, dan saya yakin dukungan tersebut akan berbuah kebaikan yang senantiasa bergulir,” ujarnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Tuban, Ketua DPRD, Kapolres Tuban, Dandim Tuban dan 100 wajib pajak lainnya. Kehadiran jajaran Forkorpimda tersebut selain sebagai bentuk dukungan juga sebagai panutan bagi masyarakat wajib pajak di Kabupaten tuban.

Pada kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada beberapa wajib pajak orang pribadi dan badan yang dinilai patuh dalam pemenuhan kewajiban perpajakan nya, serta kepada satker yang prosentase pelaporan efiling nya terbaik. (Afi)