Tak Seperti Kejadian di Bekasi, Begini Cara Warga Surabaya Perlakukan Maling Isi Kotak Amal Masjid

Anang Winarko, pelaku pencurian uang kotak amal masjid As-Salam.

Wartapedia, Surabaya. Jika beberapa hari yang lalu seorang laki-laki yang di duga melakukan pencurian ampli masjid di Bekasi di bakar hidup-hidup, maka kejadian yang serupa di Surabaya tidak demikian.

Seorang pelaku pencurian Anang Winarko (48) warga Kebaron Indah Permai, Surabaya di tangkap takmir masjid bersama warga dan diserahkan kepada pihak Kepolisian.

Aksi pencurian itu terjadi pada Sabtu, 12 Agustus 2017 sekitar pukul 06.30 WIB di masjid As-Salam di Perumahan Purimas, Gunung Anyar, Surabaya. Anang kepergok takmir masjid As-Salam sesaat setelah mencuri uang yang ada di dalam kotak amal.

Bukti uang curian Anang Winarko yang di sita petugas.

Sebagaimana yang di lansir situs resmi Polrestabes Surabaya, Kanit Reskrim Polsek Rungkut mengatakan, Anang masuk ke masjid kemudian merusak gembok kotak amal yang ada di dalam masjid.

“Pelaku mengambil uang dari dalam kotak amal, kemudian ketahuan oleh pengurus masjid. Pelaku langsung melarikan diri, dan di kejar oleh pengurus dan warga sekitar,” kata Karim, Sabtu, (12/08).

Setelah berhasil mengejar pelaku dan menangkapnya, takmir masjid dan warga sekitar menggeledahnya. Benar dugaan, uang senilai Rp. 714 ribu ditemukan dari tubuh pelaku.

“Uang tersebut ditemukan dari celana dalam pelaku,” tutur karim.

Sementara mengamankan pelaku, warga yang lain menghubungi Polsek Rungkut. Mendapat laporan tersebut, Karim bersama sejumlah anak buahnya langsung mendatangi lokasi menangkap pelaku.

“Saat ini pelaku sudah kita amankan dan sedang menjalani pemeriksaan lebih lanjut,” pungkasnya.

Oleh : Achmad Syaiful Bahri