Survei Poltracking, Elektabilitas Khofifah-Emil “ Tumbangkan” Gus Ipul-Puti

cagub Jatim Khofifah Indar Parawansa

Surabaya: Pasangan cagub cawagub no 1 Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak berhasil ungguli pasangan no urut 2 Sysifullah Yusuf ( Gus Ipul) – Puti Guntur Soekarno di pilgub jatim 2018.

Lembaga survey Poltracking yang meloncing hasil sueveynya di jakarta hari ini, Hotel Sari Pan Pacific, Minggu (18/03/2018), pasangan Khofifah – Emil untuk Elektabilitas mencapai 42,4 %. Pasangan Gus Ipul – Puti 35,8%.

Dalam release yang dikirim ke wartapedia.com dari hasil tersebut, sebanyak 21,8% responden belum menentukann pilihan.

“Survey ini kita lakukan pada 6-11 Maret 2018 dengan melibat 1.200 responden yang merupakan WNI yang tinggal di Jatim. Seluruh responden sudah punya hak pilih, Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dengan metode stratified multistage random sampling. Margin of error 2,8 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen,” ujar Direktur Eksekutif Poltracking, Hanta Yudha dalam releasenya.

Menurut Hanta, meski saat ini Khofifah – Emil unggul, hasil ini bisa berubah disaat pilgub nanti. Mengingat masih ada 21,8 % pemilih yang belum menentukan pilihannya.

“jumlah undecided masih banyak. Mereka juga akan menjadi penentu. Sehingga pertarungan masih keras dalam mengambil hati masyarakat jatim dalam menentukan pilhan saat di TPS nanti,” katanya.

Dari hasil survey tersebut trend elektabilitas pasangan Khofifah – Emil sejak Januari sampai bulan Maret menunjukkan trnd trus naik. Dari 38,5% yang saat itu alami kekalahan dari pasangan Gus Ipul – Puti, ternyata diperjalanan waktu terus alami kenaikan mencapai 42,4%, alami kenaikan 3,9%. Sedangkan pasangan Gus Ipul – Puti pada bulan Januari ungguli pasangan Khofifah – Emil, dengan elektabikitas 39,9 %. Perjalanan waktu alami penurunan sebanyak 4,1%. Sehingga saat ini elektabilitas 35,8%.

Sementara itu, dalam survei top of mind (pertamyaan tanpa di berokan jawaban), pasangan Khofifah-Emil juga menempati peringkat pertama dengan 27,6 persen. Gus Ipul-Puti berada di peringkat kedua dengan 21,3 persen. Sebanyak 37,3 persen menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. Sebanyak 13,8 persen responden memilih pasangan lain.

Dalam simulasi elektabilitas kandidat tanpa pasangan, elektabilitas Khofifah mencapai 42,6 persen sementara Gus Ipul mencapai 39,6 persen. Sebanyak 17,8 persen menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. Poltracking mencatat, tren elektabilitas Khofifah mengalami kenaikan sementara Gus Ipul cenderung turun.

Untuk cawagub, dalam elektabilitas kandidat tanpa pasangan, elektabilitas Emil mencapai 35,2 persen sementara Puti mencapai 27,7 persen. Sebanyak 37,1 persen menjawab tidak tahu dan tidak menjawab.

Sementara untuk popullaritas Cagub, Khofifah juga mengungguli Gus Ipul dengan hasil 85,3%. Gus Ipul popularitas mencapai 82,7%. Sementara untuk Cawagub. Emil Dardak juga mengungguli Puti Guntur Soekarno. Emil popularitas mencapai 44,5% sadangkan Puti popularitas 41,5%

 

(Yudhie)