UPAH MINIMUM: UMK 2012 Kota Surabaya Bakal Naik

UPAH MINIMUM: UMK 2012 Kota Surabaya Bakal Naik

Gubernur Jawa Timur secara resmi menetapkan angka Upah Minimum Kota/Kabupaten di Jawa Timur 2011, pada 21 November 2011

SURABAYA - Penetapan Upah minimum kota/kabupaten (UMK) Surabaya tahun 2012 dipastikan akan tetap tertinggi dibandingkan kabupaten lainnya di Jawa Timur.

Selama ini, penetapan UMK menempatkan Kabupaten Gresik tertinggi pertama dengan angka Rp1.133.000. Sedangkan Surabaya masih dibawahnya, yakni dengan Rp1.115.000.

Gubernur Jawa Timur Soekarwo, menjelaskan penetapan upah surabaya tetap menjadi sentral dibandingkan kota/kab lainnya.

Dewan Pengupahan Jatim hingga Jumat (21/10) masih menerima usulan 24 kabupaten/kota. Artinya masih ada 14 daerah lagi yang belum mengusulkan besarnya UMK.

Surabaya bahkan belum menyerahkan usulan UMK. Di samping itu, daerah lain diantaranya Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Sidoarjo, Kota Malang, dan beberapa daerah lain.

Sejumlah daerah sudah menyerahkan usulan UMK antara lain Kabupaten dan Kota Blitar, Kota Probolinggo, Kabupaten Lamongan, Kota Madiun, dan beberapa daerah lainnya.

Asisten III Sekdaprov Jawa Timur, Edy Purwinarto menegaskan telah memberikan peringatan kepada 14 daerah yang belum menyerahkan usulan UMK agar segera menyampaikannya hingga 15 November 2011.

"Jika tidak ada laporan sampai tanggal yang ditentukan maka di daerah tersebut tetap menggunakan UMK lama atau sama halnya dengan 2011" ujarnya

Berdasarkan Surat Edaran Gubernur Nomor 560 Tahun 2011 tentang Penetapan UMK 2012 di Jatim, gubernur meminta para bupati/walikota untuk menyerahkan usulan angka UMK ke Dewan Pengupahan Jatim. hingga tenggang waktu sampai 15 Oktober 2011 (bsn)

"Berbahagialah dia yang makan dari keringatnya sendiri bersuka karena usahanya sendiri dan maju karena pengalamannya sendiri"
Nyai Ontosoroh