PMI : Stok Darah Di Surabaya Capai 300 - 500 Kantong

PMI : Stok Darah Di Surabaya Capai 300 - 500 Kantong

UTDC PMI Surabaya akan mulai membuka pelayanan donor darah di beberapa di Surabaya, diantaranya BG Juntion (Jl Bubutan), ITC Mega Grosir, PTC, Royal Plaza, dan Cito

SURABAYA - Stok darah di Unit Transfusi Darah Cabang (UTDC) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya saat ini kembali meningkat atau melimpah hingga mencapai ratusan kantong darah.

“Stok darah normal sekitar 200 – 300 kantong darah. Akan tetapi, untuk stok darah saat ini melimpah hingga mencapai 300 – 500 kantong. Ini mencukupi hingga 2 bulan ke depan dan bisa didistribusikan kapan saja. Tidak itu saja, kepedulian masayarakat donor darah ini dilakukan karena melihat  maraknya demam berdarah di beberapa daerah,” ujar Humas UTD PMI Surabaya, Agung Tri Jutanto saat dikonfirmasi di kantornya Jalan Embong Ploso Surabaya, Selasa (11/10).

“Dengan kepedulian mendonor darah, tentunya akan membantu melayani permintaan atas kebutuhan darah yang diinginkan masyarakat, khususnya bagi pasien yang membutuhkan darah jenis apapun bisa terpenuhi dan terlayani dengan cepat” katanya.

“Dengan stok yang banyak ini tentunya bisa melayani semua kebutuhan permintaan dengan cepat. Mudah-mudahan stok ini bisa bertahan hingga akhir Desember,” harapnya.

Berdasarkan data yang dihimpun UTDC PMI Surabaya hingga pukul 10.30 WIB, stok darah yang terkumpul untuk jenis whole blood sebanyak 434 kantong (gol A 58, gol B 175, gol AB 40, gol O 161), sel darah merah sebanyak 536 kantong (gol A 55, gol B 134, gol AB 78, gol O 269), trombosit 63 kantong (gol A 18, gol, B 23, gol AB 7, gol O 15).

“ turunnya stok golongan darah trombosit ini tidak mempengaruhi stok darah, karena saat ini yang di butuhkan para penerima darah yaitu Whole Blood,” ujarnya.

UTDC PMI Surabaya akan mulai membuka pelayanan donor darah di beberapa di Surabaya, diantaranya BG Juntion (Jl Bubutan), ITC Mega Grosir, PTC, Royal Plaza, dan Cito.

“Jadwal pelayanan donor darah dibuka bersamaan dengan jadwal operasional mal. Tidak hanya membuka layanan di mal, kami juga akan mengoptimalkan mobil unit keliling ke beberapa tempat mulai perusahaan, kampus maupun tempat ibadah,”ujarnya.

Ia menambahkan selain membuka gerai di Mal, pihak PMI juga selalu tidak henti-hentinya menginformasikan hal ini kepada masyarakat melalui media cetak dan elektronik. Tujuannya, agar masyarakat atau pendonor segera melakukan kegiatan rutinnya mendonorkan darah.

“Kami mengimbau hal ini melalui media agar pendonor yang belum mendonorkan darah maupun pendonor yang sudah waktunya mendonorkan segera melaksanakan donor darah,” imbuhnya. (c8/lik/jatimprov)

"Gairah kerja adalah pertanda daya hidup; dan selama orang tidak suka bekerja sebenarnya ia sedang berjabatan tangan dengan maut."
Pangemanann