Semen Indonesia TrailRun Raih Rekor MURI

Gresik – PT. Semen Indonesia kembali menerima penghargaan dari Musium Rekor Indonesia (MURI). Kali ini perusaan BUMN ini menjadi penyelenggara TrailRun atau lari di lokasi pabrik dan tambang semen pertama di Indonesia.

Sertifikat bergengsi itu langsung diserahkan oleh perwakilan dari MURI, Yusuf Ngadri. Secara terbuka Yusuf menjelaskan alasan diperolehnya rekor bergengsi di kancah olahraga lari yang dikolaborasikan dengan jelajah alam di kawasan tambang pabrik Semen Gresik, Minggu (11/11).

Bahwa perusahaan produksi semen berplat merah itu telah sukses mengakomodir dan melaksanakan kegiatan pertama kalinya. Track lari yang menyusuri pabrik dan bekas tambang ini medannya berbeda dari biasanya. Tanjakan, bebatuan, dan sisa tambang yang usai dihijaukan.

Selain olahraga, kata Yusuf, ini menjadi bagian dari edukasi lingkungan. Sekitar 1.308 peserta dari rute 10 km dan 21 km ikut memeriahkan rekor tersebut.

“MURI mencatat lomba lari yang pertama dikawasan pabrik dan pasca tambang semen. Pabrik semen memberi fasilitas,” jelas Yusuf.

Sementara itu, Sekretasi Perusahaan PT. semen Indonesia, Agung Wiharto menjelaskan bahwa kegiatan ini diagendakan sebagai salah satu edukasi lingkungan yang digagas oleh perusahaan. Sebab. pasca tambang miliknya, wajib hukumnya di reklamasi.

Adapun untuk mengetahui hasilnya, pihaknya menyerahkan kepada masyarakat. Salah satunya melalui perlombaan ini. Tujuan lain, yakni mengenalkan kepad khalayak bahwa hasil positif bisa dipetik dari pasca tambang.

“Kegiatan reklamasi ini jelas akan dilakukan juga di berbagai lokasi pabrik, di rembng, tubn dn lainnya. Jelas ya edukasi dan hasil reklamasi yang kita pentingkan, selain rekor MURI, ” ungkapnya. (Afi)