Sekdaprov Sukardi : e-Smart Samsat Hadiah Ultah Kapolda Jatim

Wartapedia, Surabaya. Entah disengaja atau tidak, dan bisa jadi kebetulan, launching e-Smart Samsat Jatim, Rabu (6/9/2017), adalah kado istimewa untuk Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin. Hal ini, persis dituturkan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Jatim, bahwa peresmian pelayanan elektronik berbasis informasi dan teknologi (IT) itu hadiah ulang tahun perwira tinggi Polri dengan dua bintang di pundak tersebut.

“Launching e-Smart Samsat Jatim 2017 adalah hadiah ulang tahun Kapolda yang ke 57,” ungkap Sekdaprov Jatim, Achmad Sukardi dalam sambutannya mewakili, Gubernur Jatim, Soekarwo dihadapan sejumlah pejabat Samsat Jatim dan seluruh jajaran Polda Jatim beserta undangan yang hadir di aula kantor bersama satu atap (Samsat) Jatim di Surabaya, Rabu (5/9/2017).

Namun demikian, kata Sukardi, peresmian operasional layanan Samsat terintegrasi itu layak diacungi dua jempol. Alasannya, selain mengikuti perkembangan teknologi di masa kini dan ke depan, e-Smart Samsat Jatim ini telah menjadi sebuah pemenuhan kebutuhan pelayanan yang serba cepat dan mutakhir. “Melihat perkembangan teknologi yang serba modern dan cepat, maka IT sangat dibutuhkan,” kata Sekdaprov Jatim berdarah Madura ini.

Hanya saja, ingat Sukardi, pesatnya perkembangan teknologi informasi dewasa ini, harus disertai intensitas koordinasi yang kuat pada masing-masing bidang kinerja. Hal ini diperlukan untuk mendukung daya kualitas dalam meningkatkan pelayanan publik yang lebih transparan.

“Dengan IT, semua jadi aman, nyaman, sekaligus mendukung tingkat kualitas pelayanan publik, sesuai tuntutan zaman dan masyarakat. Semoga, e-Smart Samsat Jatim ini, tetap terdepan dan menjadi guru serta pelopor bagi provinsi lain untuk selalu berinovasi,” paparnya.

Sementara, Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin mengatakan, e-Smart Samsat adalah bentuk inovasi Polri bersama Pemprov Jatim dan PT Jasa Raharja (Persero) dalam hal pelayanan publik. Sistem berplatform aplikasi android ini kian memudahkan masyarakat memenuhi kewajiban membayar pajak kendaraan bermotornya.

“Tanpa harus hadir di Samsat, maupun Samsat Corner. Cukup melalui unduhan aplikasi e-Smart Samsat Jatim di smartphone berbasis android,” jelasnya usai launching e-Smart Samsat Jatim.

Seperti dicontohkan, jika ada wajib pajak asal Surabaya, dan membeli kendaraan di luar kota Surabaya, tak perlu bingung pulang ke tempat asal kendaraan dibeli, hanya untuk membayar pajak kendaraannya. Wajib pajak, kata Kapolda Machfud Arifin, cukup melakukan pembayaran pajak melalui aplikasi e-Smart Samsat Jatim.

“Misalnya saja beli di Madiun, nggak perlu harus ke Madiun untuk bayar pajak. Intinya, wajib pajak di Jawa Timur bisa membayar pajak dimana dan kapan saja melalui aplikasi ini (e-Smart Samsat Jatim, red),” jelasnya.

Dengan model mutakhir ini, Kapolda memerintahkan, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jatim untuk selalu mengingatkan pemilik kendaraan bermotor yang lupa membayar pajaknya. Apalagi, pelayanan Polri berbasis IT tersebut merupakan tindaklanjut dari kebijakan Kapolri, yakni profesional, modern, dan terpercaya (Promoter). “Pastinya, masyarakat semakin mudah memenuhi kewajiban (membayar pajak kendaraan bermotor, red),” cetus Machfud Arifin.

Sekadar tahu, wajib pajak kendaraan bermotor di Jatim tidak perlu mengantre demi mendapatkan layanan di Samsat. Kali ini, cukup membayar pajak kendaraan bermotor dengan gengaman jari melalui akses aplikasi e-Smart Samsat Jatim di ponsel pintar android.

Aplikasi yang bisa diunduh dari Goggle Play Store dan AppStore smartphone android tersebut memiliki beberapa menu layanan yang bisa dimanfaatkan para wajib pajak. Layanan canggih itu antara lain, layanan pajak satu tahunan, perpanjangan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) lima tahunan, serta perubahan (ubah bentuk, ganti warna, ganti nopol, dan kepemilikan).

“Ada juga pendaftaran kendaraan baru, mutasi masuk, hingga pajak progresif,” tambah Dirlantas Polda Jatim, Kombes Pol Ibnu Isticha.(sa/ms/asb)