Sekdaprov Jatim Apresiasi UNHAN

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Akhmad Sukardi memberi apresiasi kepada Universitas Pertahanan Indonesia (UNHAN). Apresiasi diberikan karena universitas ini memiliki kualitas yang ciamik, baik dari segi fasilitas kampus, maupun kurikulumnya, serta biaya pendidikannya ditanggung oleh negara.

Pujian itu disampaikan Sukardi saat menerima mahasiswa Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) mahasiswa UNHAN” di Ruang Bhinaloka, Kantor Gubernur Jatim, Jl. Pahlawan 110 Surabaya, Senin (26/2).

Sukardi mengatakan, UNHAN merupakan lembaga pendidikan tinggi yang mengkhususkan diri pada studi pertahanan setingkat S-2. Sebagai lembaga pendidikan tinggi terbuka, UNHAN memberikan kesempatan bagi para perwira TNI dan sipil untuk belajar ilmu pertahanan dari sudut pandang militer, politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

“UNHAN adalah perguruan tinggi yang luar biasa. Kampusnya bagus, dan materi pembelajarannya tdidak melulu soal pertahanan, tapi sosial, politik, ekonomi juga diajarkan disana. Dan istimewanya, pendidikannya dibiayai oleh negara” pujinya.

Kualitas dan keistimewaan UNHAN tersebut, lanjut Sukardi, bisa menjadi peluang emas bagi masyarakat Jatim, khususnya para orang tua yang ingin menyekolahkan putra-putrinya ke pendidikan tinggi namun terkendala biaya. Mereka dapat mengikutkan anaknya untuk tes di UNHAN.

“Saya harap masyarakat Jatim yang putra-putrinya yang cerdas dan pintar, untuk mengikuti tes di UNHAN. Ini peluang yang bagus, terutama bagi mereka yang terkendala biaya. Jika diterima, ini bisa meringankan beban orang tua, karena kuliah di UNHAN dibiayai negara” katanya.

UNHAN Bersiap Diri Menuju World Class University

Dalam kesempatan ini, Dekan Fakultas Strategi Pertahanan UNHAN, Mayjen TNI Dr. Tri Legionosuko, S.IP., mengatakan, saat ini UNHAN sedang mempersiapkan diri demi mewujudkan visi menjadi perguruan tinggi pertahanan berkelas dunia atau world class university pada 2024 mendatang.

“Kami menargetkan pada 2024, UNHAN menjadi perguruan tinggi pertahanan berkelas dunia yang tetap melestarikan nilai-nilai kebangsaan, Unhan melahirkan generasi intelektual Bela Negara dan menjadi perguruan tinggi bidang pertahanan terdepan yang dimiliki oleh Indonesia” katanya.

Guna mewujudkan misi tersebut, UNHAN terus berbenah dan meningkatkan kualitas demi mengejar akreditasi internasional yang merupakan syarat mutlak yang harus dicapai. Salah satu upayanya adalah terus memfokuskan diri mendalami dan mengembangkan ilmu pertahanan, baik teori, konsep, dan policy.

Ditambahkan, UNHAN telah ter-akreditasi “A”, universitas ini membuka jalur beasiswa bagi TNI/Polri, PNS maupun masyarakat umum dengan prodi-prodi yang ditawarkan dari empat fakultas yang ada, yaitu Fakultas Strategi Pertahanan, Fakultas Manajemen Pertahanan, Fakultas Keamanan Nasional dan Fakultas Teknologi Pertahanan.

UNHAN menjadi institusi yang unik karena mengkhususkan diri pada studi ilmu pertahanan setaraf Magister atau S2 dalam meningkatkan sumber daya manusia (SDM) baik militer maupun non-militer yang mampu bersaing, berkompetisi, dengan semangat Bela Negara.

“Sampai saat ini, kita sudah 9 tahun berdiri dan menghasilkan sekitar 1.341 alumni, alumni kami bisa digunakan untuk semua lini. Kedepan, kami targetkan untuk membentuk konsultan ketahanan di setiap daerah” pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan ini, Asisten I Sekdaprov Jatim, Supriyanto, Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Jatim, Anom Surahno dan para mahasiswa KKDN UNHAN. (hms)