Ratusan Massa dari Berbagai Ormas Islam Berunjuk Rasa di Depan Gedung DPRD Jatim

Wartapedia, Surabaya. Ratusan massa solidaritas Islam datangi DPRD Jawa Timur menuntut revisi PERPPU nomor 2 tentang Ormas. Sekitar pukul 13.00 WIB, ratusan massa yang lengkap dengan berbagai atribut datang dari sejumlah daerah di Jawa Timur.

Aksi penolakan peraturan perundang-undangan atau PERPPU nomor 2 tahun 2017 tentang Ormas terus berlanjut. Kedatangan ratusan Ormas Islam serta santri dari beberapa pondok pesantren di Jawa Timur ini, melakukan aksi damai. Tampak hadir dalam aksi tersebut, Ismail Yusanto, juru bicara HTI (Hizbut Tahrir Indonesia).

Sejumlah santri dari Pasuruan yang turut berunjuk rasa.

Dalam orasinya, Ismail tampak mengkomandoi para demonstran dengan berteriak takbir berkali-kali. Ratusan massa yang menamakan diri solidaritas umat Islam ini, menuntut pemerintah agar segera merevisi peraturan pemerintah pengganti undang-undang tentang pembubaran organisasi masyarakat yang akan segera diterbitkan.

Dari penilaian Ismail Yusanto, yang juga menjadi salah satu cara pemerintah untuk membubarkan ormas yang menurut pemerintah anti Pancasila, salah satunya adalah HTI. Dalam orasinya, Ismail meminta pemerintah untuk mengkaji ulang PERPPU nomor 2 tahun 2017. Menurutnya, hal tersebut juga adalah wujud kedzaliman terhadap umat Islam.

“Kami meminta pada pemerintah untuk mengkaji ulang, bahkan mencabut PERPPU undang-undang nomor 2 tahun 2017,” ujarnya dalam orasi yang kemudian di sambut dengan takbir oleh para demonstran.

Kendati sejumlah perwakilan pendemo tidak ditemui oleh anggota dewan DPRD Jawa Timur, massa membubarkan diri tertib. Terpantau dalam aksi tersebut, tidak menunjukkan adanya tanda-tanda anarkis dari pendemo yang datang.

Oleh : Achmad Syaiful Bahri