PPIH Embarkasi Surabaya Tunda Keberangkatan Lima CJH karena Sakit

Wartapedia, Surabaya. Ibadah haji yang merupakan panggilan dari Yang Maha Kuasa, tentu menjadi impian bagi setiap umat muslim di seluruh dunia. Namun demikian, ibadah haji juga tak pernah lepas dari yang namanya takdir.

Sebagaimana yang dialami oleh sejumlah Calon Jamaah Haji (CJH) pada kloter 77. Sedikitnya lima orang CJH harus ditunda keberangkatannya ke tanah suci lantaran sakit, sehingga harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Seperti CJH atas nama Sri Pujiawati (46) menjadi jamaah terlama yang harus mendapat perawatan. Sri merupakan jamaah asal Kabupaten Banyuwangi, yang tergabung dalam kloter 37 harus di rawat di RSAL Dr. Ramelan Surabaya, atas rujukan tim kesehatan.

Sementara empat CJH lainnya adalah Siti Romlah (58) kloter 71 asal Kabupaten Sidoarjo, Moeniran Karmin (76) kloter 72 asal Kota Surabaya, Tisno Kadir (63) dan Sutiyar Ngadino, keduanya kloter 74 asal Kabupaten Sidoarjo. Keempatnya harus menjalani perawatan di RS Haji.

Sekretaris I PPIH Embarkasi Surabaya, Sutarno Pertowiyono mengatakan, meski para CJH yang menjalani perawatan lantaran sakit ini, bukan berarti mereka tidak berangkat ke tanah suci. Menurutnya, para CJH yang sedang sakit ini akan tetap akan diberangkatkan, apabila ada rekomendasi.

“Tentunya nanti ketika ada rekomendasi dari tim kesehatan, maka akan diberangkatkan oleh kloter yang ada sekarang,” kata Sutarno, Kamis (24/08).

Sutarno menuturkan, apabila para CJH ini masih belum mendapat rekomendasi untuk bisa menjalankan proses ibadah haji, hingga masa keberangkatan usai, Kemenag Jatim menjamin jatah atau kursi haji masih tetap diberikan pada musim haji tahun berikutnya.

“Tetap tahun depan, Insya Allah sehat, tahun depan sudah jatahnya, ya berangkat,” tuturnya.

Rata-rata para CJH sakit karena memang faktor usia. Dan penyakit yang menjangkiti sebagian besar adalah Cardiovaskular Deseases atau penyakit jantung. Sementara CJH yang datang ke Embarkasi Surabaya masing-masing kloter 78, 79, dan 80 dari Kabupaten Mojokerto. Ketiga kloter tersebut dijadwalkan akan berangkat ke tanah suci pada Kamis dini hari nanti.(nik/asb)