Polrestabes Surabaya Terima Penghargaan Pelayanan Publik Terbaik

Jakarta – Atas prestasinya dalam menjalankan pelayanan publik sebagai perangkat negara, Polrestabes Surabaya kembali menerima penghargaan Kategori Sangat Baik dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tahun 2017.

Penghargaan ini diberikan secara langsung oleh Menpan-RB, Asman Abnur yang kemudian diterima oleh Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol. Rudi Setiawan, di Ruang Serbaguna Kementerian PANRB, Jakarta, Rabu, 24 Januari 2018.

Penghargaan diberikan dalam rangka mengakselerasi kualitas pelayanan publik di Indonesia, pemerintah melalui Kemenpan-RB sebagai instansi yang menaungi kebijakan pelayanan publik di Indonesia.

Kemenpan-RB juga bertanggung jawab dalam pelaksanaan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik sebagaimana diamanahkan dalam UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Oleh karena itu, Kemenpan-RB melaksanakan evaluasi kepada unit-unit pelayanan publik di 72 Kabupaten atau Kota Role Model di Indonesia.

Pada kesempatan ini, Menteri PANRB Asman Abnur menyampaikan bahwa evaluasi kinerja pelayanan publik dilaksanakan dalam rangka peningkatan peringkat kemudahan berusaha yang ditargetkan Indonesia.

Juga dapat mencapai peringkat 40 pada EODB (Ease of Doing Bussiness) 2020. Hal ini telah menjadi fokus capaian kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla.

“Evaluasi dan pemberian penghargaan ini juga bertujuan untuk memotivasi dan mengapresiasi Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah yang dijadikan Role Model untuk dapat menerapkan kebijakan Undang-Undang Nomor 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik secara baik dan benar,” ujar Asman Abnur, Rabu (24/01).

Pemerintah juga mendorong Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah Role Model untuk berkompetisi guna mewujudkan pelayanan prima.

Diharapkan dengan adanya evaluasi ini dapat menambah wawasan kepada Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah Role Model tentang strategi pembinaan dan partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik.(asb)