Piala Presiden 2018 di GBT, ini himbauan Kasat Lantas Polrestabes Surabaya

Surabaya – Menjelang pertandingan sepak bola dalam perebutan Piala Presiden 2018, Polrestabes Surabaya telah mempersiapkan sejumlah strategi untuk pelaksanaan pengamanan dan pengawalan.

Sebagaimana yang telah diberitakan sebelumnya, Polrestabes Surabaya telah mempersiapkan pasukan pengamanan sebanyak 2000 personil gabungan dari Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, Linmas.

Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Eva Guna Pan Pandia mengatakan, guna mengantisipasi berbagai gangguan Kamtibmas, pihaknya telah mempersiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas.

Bagi pengendara yang masuk dari arah Gresik ke Pakal, Surabaya, maka nantinya akan diarahkan ke Romokalisari – Osowilangun – Margomulyo – Jl. Raya Bibis – Jl. Manukan Kulon – Banjar Sugihan – Kandangan – Sememi- Babat Jerawat – Jl. Pakal – Jl. Raci – Jl. Benowo.

AKBP Eva Guna Pan Pandia saat memberikan paparan strategi rekayasa lalin kepada Kapolsek Jajaran.

“Sementara dari Pakal ke Romokalisari hanya diperbolehkan untuk roda dua, dan selektif untuk warga di prioritaskan,” kata Pandia, Rabu, (17/01).

Sedangkan untuk kendaraan mobil melalui jalur protokol, lanjut Pandia, yakni Benowo – Karang Poh – Margomulyo – Tol atau Jl. Tandes – Jl. Sukomanunggal – Jl. Simo Jawar – Jl. Simo Pomahan – Jl. Banyu Urip.

Dari 2000 personil gabungan, Satlantas Polrestabes Surabaya sendiri telah mempersiapkan sebanyak 150 personil dan di back up oleh Polda Jatim sebanyak 50 personil, sehingga total 200 personil Satlantas.

“Nanti di Jalan Jawar sampai dengan Jalan Kauman itu akan kita barikade dari radius 150 meter dari masing-masing anggota berjaga mengantisipasi jangan sampai macet,” lanjutnya.

Disamping itu, nanti juga akan ada Tim Murai dan dari Dishub sebanyak 20 orang dibantu Satpol PP 10 orang dan diperkuat dengan mobil paneling dari Binmas yang akan mobile sepanjang Jalan Kauman hingga Jalan Jawar tersebut.

Pandia berharap, dengan disebarnya para anggota gabungan ini, dapat mencegah terjadinya kendaraan roda dua atau roda empat yang parkir di badan jalan.

“Karena diluar semua daripada lokasi tadi yang saya sebutkan akan ada tiga titik yang disiapkan untuk warga parkir kendaraan bermotor,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, turnamen Piala Presiden 2018 akan dibeberapa kota besar Indonesia termasuk Surabaya. Group C akan bertanding di Gelora Bung Tomo, Kamis, 18 Januari 2018, Persebaya VS PS TNI pukul 15.30 WIB, dan Madura United VS Perseru Serui pukul 19.30 WIB.(asb)