Peringati HKSN 2017, Pelindo III Transfer Rp. 2,7 Miliar ke Tapal Kuda dan Malang

Wartapedia, Surabaya. Guna memperingati Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) 2017 di Jawa Timur, PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III memberikan dana hibah senilai Rp 2,7 miliar kepada dua wilayah di Jawa Timur.

Dua wilayah tersebut adalah wilayah Tapal Kuda dan Kota Malang.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Kepala Cabang Pendidikan dan Kepala Sekolah SMA Negeri wilayah Tapal Kuda dan Malang serta pejabat struktural Pelindo III saat penyerahan dana hibah di Ruang Kelimutu Kantor Pusat Pelindo III di Tanjung Perak Surabaya.

“Semuanya (dana hibah, red) untuk pendidikan,” kata Human Capital and General Affair Director, Pelindo III, Toto Heli Yanto, Kamis (14/9/2017).

Toto menuturkan, dana hibah yang disebar tersebut merupakan pilot project (proyek percontohan) dalam mendukung peringatan Hari Kesetiakawanan Nasional (HKSN) 2017 di Jawa Timur.

Bantuan yang diawali untuk 9 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri yang berada di 5 kabupaten/kota di wilayah Tapal Kuda.

Lima Kabupaten itu antara lain Probolinggo, Lumajang, Situbondo, Bondowoso dan Jember serta Kota Malang.

Dana hibah itu akan diberikan berlanjut simultan ke seluruh wilayah Pelindo III.

“Kalau memang berhasil, kami lanjutkan program ‘Giat Dukung Pendidikan’ ini ke seluruh wilayah tugas Pelindo III,” tutur Toto.

Menurutnya, hubungan yang terjalin baik dengan masyarakat akan menciptakan suasana yang kondusif, sehingga, menjadikan perusahaan dapat menjalankan usaha bisnisnya dengan baik dan lancar.

“Sebagai BUMN Kepelabuhanan, manajemen Pelindo III sangat percaya, bahwa hubungan baik akan berdampak pada manfaat yang bisa dirasakan dari bisnis yang dijalankan Pelindo III,” ujarnya.

Menyinggung bantuan yang pernah dikucurkan Pelindo III, Corporate Communication Pelindo III, Widyaswendra mengungkapkan, selama 5 tahun terakhir, Pelindo III telah menyalurkan dana bantuan di wilayah Jawa Timur yang nilainya mencapai Rp 13 miliar.

Bilangan rupiah yang gelontoran Pelindo III tersebut dimulai sejak 2011 hingga sekarang.

“Untuk saat ini, Pelindo III mengawali inisiatifnya melalui program ‘Giat Dukung Pendidikan’ dengan memberikan bantuan hibah yang besarannya Rp 2,7 miliar kepada SMA Negeri di Wilayah Tapal Kuda dan Kota Malang,” ungkap Wendra.

Dia menyampaikan, dana hibah akan diberikan secara utuh kepada pengurus sekolah tanpa ada potongan. Namun demikian, Pelindo III tetap fleksibel untuk pemberian bantuan yang dirupakan uang tersebut.

“Kalau sekolah memang membutuhkan komputer, kami akan memberikan dalam bentuk fisik komputer. Kami berharap, bantuan ini mampu mendukung proses belajar mengajar hingga menghasilkan lulusan yang berkualitas,” tandasnya.(sa/ms/asb)