Peringati Hari Pramuka ke-57, Gubernur Jatim Buka KPN 2018

Malang – Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo membuka Karang Pamitran Nasional (KPN) 2018 di Lapangan Utama Desa Lebakharjo, Kecamatan Ampelgading, Kabupaten Malang, Selasa (14/8). KPN dilaksanakan untuk memperingati Hari Pramuka ke-57.

Dalam sambutan pembukaannya, Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim mengatakan ketertarikannya pada program KPN 2018 yang ikut melibatkan pramuka dengan tinggal bersama masyarakat di sekitar sini. Ini sesuai jiwa kepramukaan, yang intinya persaudaraan dan kepedulian terhadap sesama manusia, tanpa sekat latar belakang, pangkat ataupun jabatan.

“Makan dan masak ikut bersama-sama dengan masyarakat. Luar biasa sekali,” pujinya yang juga menjadi Ketua Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Provinsi Jatim.

Menurutnya, keluarga merupakan salah satu unsur yang paling menonjol dari 10 unsur kebahagiaan. Interaksi dan kepedulian dengan keluarga masyarakat Desa Lebakharjo oleh Pramuka memberikan kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat mitra.

Ditambahkan, sikap peduli sesama, berinteraksi, toleransi, dan bersaudara ini adalah modal persatuan Bangsa Indonesia. Persatuan Bangsa Indonesia yang kuat dan kokoh inilah yang menjadi senjata utama kelangsungan, kemakmuran dan kebahagiaan Indonesia.

“Dari persatuan itu kunci membahagiakan Indonesia,” pungkas orang nomor satu di Jatim ini yang sebelum mengakhiri sambutannya, mengharapkan KPN 2018 benar-benar menjadi hal yang mendidik dan membanggakan Indonesia.

Pakde Karwo Serahkan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka

Dalam Pembukaan KPN 2018 ini, Pakde Karwo menyerahkan tanda penghargaan gerakan pramuka berupa Lencana Satya Wiramadya kepada Bupati Malang Drs. H. Rendra Kresna, SH, MHum, Lencana Melati kepada Andalan Kwarcab Gresik Ali Shodikin, Lencana Darmabakti kepada Ketua Majelis Pembimbing Saka Lebakharjo, Wiyadi.

Selanjutnya juga diserahkan Lencana Pancawarsa Utama kepada Wakil Ketua Mabicab Nganjuk Poedjihardjo, Lencana Teladan kepada Gusti Firsta Amyra Widyaning Tyas dan Septiana Eks Permatasari sebagai Penggalang Garuda Kota Malang.

Selain itu, Pakde Karwo juga menyerahkan penghargaan Lomba Gugus Depan Unggu Kwarda Gerakan Pramuka Jatim Tahun 2018 kepada Gugus Depan Banyuwangi 01.133-01.134 SDN 4 Pangajuran Kwarcab Banyuwangi sebagai juara pertama tingkat SD. Sedangkan penghargaan untuk juara pertama tingkat SMP diserahkan kepada Gugus Depan Kediri 04.063-04.064 MTs Negeri 6 Kediri, Kwarcab Kediri.

KPN 2018 yang bertema “Mendidik, Membanggakan, dan Membahagiakan Indonesia” dilaksanakan tanggal 13 s.d. 19 Agustus 2018 berdasarkan ketentuan dalam SK Kwarnas Gerakan Pramuka Nomor 039 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Karang Pamitran Nasional Tahun 2018.

Sebanyak 4.120 peserta dari 417 kwarcab dan 30 kwarda se-Indonesia, serta 500 relawan panitia mengikuti KPN 2018. (hms)