Pelindo III Pancang Office Tower Rp 550 Miliar

Wartapedia, Surabaya. Pasaran Legi dalam penanggalan Jawa, apalagi jatuh di hari Jumat, diyakini menjadi hari baik bagi seseorang atau lembaga memulai aktifitas kegiatan yang bersentuhan dengan momen tertentu. Ini yang kemudian menjadi dasar PT Pelabuhan Indonesia III (Persero)/Pelindo III rela merogoh Rp 550 miliar untuk memulai proyek gedung 23 lantai yang kali pertama dibangun di zonasi Surabaya Utara, kawasan Pelabuhan Tanjung Perak.

“Ini Jumat Legi tanggal 13, bukan karena ultah saya. Karena Jumat Legi, kalau menurut hitungan Jawa dan Bali adalah hari terbaik. Makanya, kami pilih sebagai hari untuk peletakan batu pertama pembangunan Pelindo III Office Center atau Pelindo Place,” ujar CEO Pelindo III, IG. N. Askhara Danadlputra disela Groundbreaking Ceremony Office Center Pelindo Place yang bertema, ‘Beyond Building to Reach Dream of the Future’ di Jalan Tanjung Perak Timur, Surabaya, Jumat (13/10/2017).

Menurutnya, proyek infrastruktur tersentral yang dijadwal selesai pembangunannya tahun 2020 itu dimaksimalkan untuk mendukung kelancaran bisnis bagi para pengguna jasa kepelabuhanan di sekitar Tanjung Perak. Karenanya, Pelindo III merancang dan membangun fasilitas berkelas untuk dapat digunakan secara maksimal guna meningkatkan pelayanan. “Ini sudah menjadi komitmen perusahaan. Dengan harapan, semakin memperlancar keglatan kepelabuhanan,” ujar orang ‘nomor satu’ di Pelindo III yang akrab disapa Arl Askhara ini.

Selain itu, lanjut Ari, bangunan gedung setinggi 121 meter tersebut dalam rangka penataan lingkungan di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak secara menyeluruh. Sedangkan, lahan-lahan yang ada sebelumnya, difungsikan sebagai tempat untuk peningkatan pelayanan barang. “Sehingga dengan lancamya proses kegiatan layanan di pelabuhan diharapkan dapat menekan atau menurunkan biaya logistik naslonal,” katanya.

Sementara, Corporate Secretary Pelindo III, Faruq Hidayat menambahkan, pembangunan gedung di area seluas 1,1 hektare dengan luas bangunan 60 ribu meter persegi itu dikonsep dengan desain modern dan elegan. Gedung perkantoran baru yang diklaim ramah lingkungan inl disertai dengan kelengkapan fasilitas lifestyle commercial area.

“Dirancang dengan konsep hemat energi dan kualitas terbaik. Sehingga menghadlrkan suatu workplace yang representatif dan memiliki fasilitas penunjang bisnis yang lengkap,” tuturnya di acara yang juga dihadiri Commercial and Operational Director Pelindo III, Mohammad Iqbal sekallgus sebagai Komisaris Utama PPl, Direktur Utama PPI, Kokok Susanto dan GM Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Joko Noerhudha serta seluruh jajaran direksl Pellndo III, jajaran komisaris dan stakeholders Pelabuhan Tanjung Perak.

Faruq juga meyakini, kekuatan image Pelindo III dengan proyek Office Center tersebut akan menjadi ikon baru yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat urban Surabaya, khususnya di area Tanjung Perak. Adanya Pelindo Place Office Tower ini, diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam kelancaran berbisnis bagi seluruh pengguna jasa, stakeholder dan unsur yang berkecimpung dalam usaha kepelabuhanan.

“Nantinya, gedung perkantoran ini tidak hanya diperuntukkan bagi Pelindo III, tapi juga seluruh anak usaha, afiliasi serta pengguna jasa kepelabuhanan,” katanya.(sa/ms/men/asb)