Pegawai KPP Pratama Tuban Jalani Tes Urin, Hasil Negatif

Tuban – Sekitar 70 pegawai KPP Pratama Tuban menjalani tes urin di ruangan Aula kantornya yang berada di Jl. Pahlawan, Tuban pada Selasa (25/9).

Sebelumnya sejumlah pegawai nampak serius mengikuti sosialisasi yang dilakukan oleh BNN Kabupaten Tuban. Dalam pemaparannya, petugas dari BNN menjelaskan bahwa terdapat bahaya mengkonsumsi Narkotika, Psikotropika, dan zat adiktif lainnya. Sehingga perlunya menjauhi bahan tersebut sejak dini dan dari lingkup terkecil.

Salah satu cara mengindikasi adanya bahaya Narkoba bisa dimulai dari diri pribadi. Yakni dengan mengetahui jenis, macam, bentuk serta kontrafiksinya. Kemudian pengetahuan yang didapat bisa ditularkan keada keluarga atau lingkungan sekitar.

Selain itu, juga harus diwaspadai modus operandi peredarannya. Seperti melalui pergaulan, coba coba, hingga pelaku pengedarannya. Ini penting, agar penyebarannya mampu dihentikan dan tidak menjalar.

“Kita rutin melalui kerjasama dengan instansi sipil negara vertikal, yaitu pemeriksaan tes urin pegawainya. Kita sosialisasikan bahaya dan modus operandinya, jangan sampai kita tidak tahu,” jelas Kepala BNN Tuban, AKBP Made arjuna.

Lanjutnya, dalam pemeriksaan pihaknya menggunakan Rapid Test Narkoba dengan 6 parameter. Meliputi tes Amphetamine, Methamphitamin, Marijuana, Ocaine, Morphine, Benzidiazephine. Untuk memastikan adanya gejala, pihaknya juga membawa dokter yang memeriksa hasil tes.

“Tadi ada sekitar 70 pegawai dan honorernya semuanya kita tes, petiksa dn hasil sementara negatif. Namun akan kami astikan dengan pemeriksaan lebih detail, ” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala KPP Pratama Tuban, Eko Radnadi Susetio menjelaskan bahwa pihaknya sangat mendukung adanya sosialisasi dan giat tes urin ini. Sebab, karyawan dibawah naungannya bisa terperiksa dan bebas dari bahwa Narkotika dan lainnya.

Hal ini jelas akan berdmpak positif pad kinerja kantor perpajakan yang dia nahkodai. Terpenting, semua karyawan bisa menjadi insan yang sehat dan berprestasi

Akan hasil yang didapat dari tes, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan BNN tuban. Harapannya, semua karyawan bisa negatif Narkotika semua. Nantinya pembinaan juga akan terus dilaksanakan bekerjasama ddngan pihak yang kompeten.

“Segala bentuk kebaikan akan kami lakukan, salah satunya bebas dari Narkotika. Seluruh karyawan harus terbebas dan sehat semua. Alhamdulillah semua hasil negatif,” ungkap Eko. (Afi).