Peduli Usaha, KPP Pratama Tuban Gandeng UMKM

Tuban – KPP Pratama Tuban bekerjasama dengan Kantor Pos Tuban, Inkra, dan Komunitas Bukalapak Bumi Wali mengadakan acara Business Development Services pada hari Minggu (05/11/2017).

Tujuan utama yang ingin dicapai adalah memajukan pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Tuban. Rencananya akan digelar rutin setiap bulan, guna memberi kesempatan para pelaku UMKM untuk lebih maju, mandiri, dan mempunyai jaringan usaha yang luas.

“Kita gandeng UKM yang ada di Tuban, kita sosialisasikan untuk sadar dan mengetahui tentang pajak. Sedangkan bersama kantor pos dan Bukalapak ini mitra UKM, jadi sudah tepat agar pengiriman, jaringan dan tempat usaha enak,” jelas Kepala Kantor KPP Pratama Tuban Eko Radnadi Susetio

Acara kali ini terbagi menjadi beberapa sesi. Dalam sesi pertama Sosialisasi aspek perpajakan bagi UMKM yang disampaikan oleh petugas dari KPP Pratama Tuban. Dilanjutkan dengan tanya jawab dan pembagian goodie bag bagi peserta yang sudah mempunyai NPWP. Acara sosialisasi bertujuan agar setiap usahawan sadar akan pentingnya memiliki NPWP

Selanjutnya, sosialisasi produk dan layanan Kantor Pos Tuban, dilanjutkan dengan tanya jawab. Dalam sesi ke 3 ada Tips & trik jualan di Bukalapak yang disampaikan oleh ranger Bukalapak dari Surabaya. Dibahas pula cara membuat akun, mengunggah foto produk, dan menaikkan omzet jualan. Berikutnya adalah kisah-kisah sukses yang diceritakan oleh beberapa pelapak yang sudah malang melintang berjualan.

Untuk acara selanjutnya praktek langsung pembuatan akun. Pada sesi ini dicontohkan langkah demi langkah cara membuat akun di Bukalapak.com. Pada akhir sesi, dibagikan souvenir berupa lakban warna merah yang menjadi ciri khas Bukalapak.

Kemudian ada sesi foto Produk. Di sesi ini dilakukan praktek langsung pemotretan produk yang dibawa oleh masing-masing peserta. Tidak harus menggunakan kamera canggih, tetapi cukup dengan memaksimalkan fitur yang ada di kamera hape. Hasil fotonya bisa segera diunggah ke akun Bukalapak. Langsung siap jualan.

Dan untuk acara terakhir adalah foto bersama dan tukar goodie bag. Berakhir sudah kebersamaan yang terjalin sejak pukul 8 pagi hingga pukul 1 siang.

“Semoga acara kali ini bisa memberikan manfaat bagi pelaku UMKM di Tuban,” harapnya. (Hms)