Patut di contoh, warga Perum Rungkut Mapan resmikan Balai RT dan Kampung Kawasan CCTV

Surabaya – Apa yang dilakukan warga perumahan Rungkut Mapan, Kelurahan Rungkut Tengah, Kecamatan Gununganyar Surabaya ini patut diacungi jempol dan ditiru oleh warga Surabaya lainnya.

Guna mendukung program Tiga Pilar Surabaya dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, warga Perumahan Rungkut Mapan memasang Closed Circuit Television (CCTV).

Bersamaan dengan itu, warga juga membangun Balai RT baru untuk memantau CCTV yang terpasang di sejumlah titik perumahan Rungkut Mapan.

Guna diketahui oleh perangkat Pemerintah dan Penegak Hukum Kota Surabaya, warga mengundang Tiga Pilar serta sejumlah perangkat daerah untuk meresmikan Balai RT dan CCTV. Minggu, 07 Januari 2018 mulai pukul 19.30 WIB.

Tampak hadir Kapolsek Rungkut, Kompol Esti Stija Oetami Kasubsektor Gununganyar dan Bhabinkamtibmas beserta 10 personil Polsek Rungkut.  Sekcam Rungkut, LPMK Kelurahan Rungkut Tengah, Babinsa Rungkut Tengah.

Kompol Esti Setija Oetami saat menandatangani prasasti Balai RT dan Pos Pantau CCTV.

Hadir juga dalam peresmian ini, Sekretaris Kelurahan Rungkut Tengah, Ketua RW. 08 beserta seluruh ketua RT, dan Lapisan warga yang ada di perumahan Rungkut Mapan Barat-Tengah.

Bertema “Peresmian Balai RT dan kampung Kawasan CCTV”, peresmian itu berlangsung di depan pos dan balai RT. 09 RW. 08 perumahan Rungkut Mapan Kelurahan Rungkut Tengah Kecamatan Gununganyar Surabaya.

Ketua Panitia dan pertanggungjawaban keuangan, Ide Bagus Cimpena dalam sambutannya mengatakan, RW 08 memiliki total 60 unit CCTV yang tersebar dengan menghabiskan dana kurang lebih Rp. 45 juta. Dimana dana tersebut berasal dari dana swadaya kas tiap-tiap RT.

“Dana pembangunan balai RT sebesar Rp. 50 juta, dimana dana pembangunan menggunakan dana talangan koperasi RW. 08,” kata Ide.

Ketua RW. 08 menjelaskan, pihaknya saat ini sudah memasang 60 CCTV di tiap sudut perumahan. Aktivitas warga dapat dipantau dari layar monitor yang ada di Pos Kamling tempat berkumpulnya warga.

“CCTV dan seluruh perangkat pendukungnya dibeli dari dana swadaya masyarakat. Pasalnya mereka sudah paham akan rasa aman adalah bagian dari kenyamanan. Warga pun tak keberatan saat urunan membeli dan memasang perangkat CCTV ini,” jelasnya.

Sementara itu, dalam kesempatan ini, Kapolsek Rungkut mengucapkan banyak terima kasih kepada warga Rungkut mapan khususnya RT 09/08 bahwa dengan dibangunnya  balai RT dan CCTV ini bisa membantu Polri untuk mengidentifikasi ciri-ciri pelaku.

“Upaya dan kerjasama yang baik guna terwujudnya Pembangunan Pos dan Balai RW ini menandai bahwa masyarakat telah dapat mewujudkan kepeduliannya dalam Harkamtibmas,” ucap Kapolsek Rungkut.

Untuk itu, lanjut Kapolsek,  atas nama Polri sangat mengapresiasi upaya warga yang telah pemasangan CCTV di kawasan RW 08.

Seluruh kegiatan dan pergerakan di wilayah RT 09/RW 08 Kelurahan Rungkut Tengah Kecamatan Gunung Anyar, Kota Surabaya, kini sudah terpantau oleh CCTV.

Hal ini sangat mendukung tugas polri di bidang pengungkapan dilakukan demi menciptakan rasa aman dan nyaman bagi seluruh warga di kawasan perumahan ini.

Namun demikian walaupun ada CCTV mohon petugas keamanan tetap selektif prioritas terhadap tamu yang bukan warganya dan hubungi kepolisian apabila ada yang mencurigakan.

Segera hubungi Polsek Rungkut karena tidak menutup kemungkinan pelaku menggunakan nomor polisi kendaraan palsu sehingga tetap waspada walaupun ada CCTV.

“Kami sangat bangga dan mengapresiasi atas Partisipasinya dalam mewujudkan Harkamtibmas yang aman, nyaman kondusif,” pungkasnya.(asb)