Presiden SBY : Gelar Upacara Pengukuhan Paskibraka

Presiden SBY : Gelar Upacara Pengukuhan Paskibraka

Dalam upacara pengukuhan ini mereka akan diminta untuk mengucapkan ikrar yang menandakan kesiapan dan ketetapan hati sebagai anggota Paskibraka

JAKARTA - Pengibaran Sang Saka Merah Putih merupakan puncak acara peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu mereka yang dipilih menjadi bagian dari pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) merupakan individu-individu terpilih.

Senin (15/8) sore ini, mereka pun berkumpul di dalam Istana Negara, untuk mengikuti upacara pengukuhan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Acara dimulai pada pukul 16.00 WIB. Presiden SBY, yang bertindak sebagai Pembina Upacara, mengambil tempat di depan ke-66 Paskibraka yang berbaris membentuk huruf U mengitari Istana Negara.Seragam merah putih mereka dibuat senada dengan bendera yang akan mereka kibarkan pada upacara nanti.

Dalam upacara pengukuhan ini mereka akan diminta untuk mengucapkan ikrar yang menandakan kesiapan dan ketetapan hati sebagai anggota Paskibraka.

Namum sebelum mengucapkan ikrar, mereka mengikuti upacara, menghormat pada sang merah putih sambil diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian mengheningkan cipta.

Pemimpin upacara, Dea Ayu Tiara Hastika, maju ke depan dan menghadap Sang Saka Merah Putih. Gadis asal Kalimantan Tengah tersebut menggenggam Merah Putih dengan tangan kanan dan meletakkan tangannya di dada.

"Aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajiban dalam hidupku sehari-hari. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati niatku ini dengan taufik dan hidayah serta inayah-Nya," Dea Ayu mengucapkan ikrar dengan lantang. Pada akhir kalimat, anggota Paskribaka lainnya turut mengucapkan ikrar secara serempak.

Presiden SBY kemudian mengistirahatkan pasukan dan menyampaikan amanatnya. "Kalian adalah pemuda-pemudi terpilih, kalian telah mengikuti seleksi yang ketat, dan kemudian telah mengikuti serangkaian latihan yang keras. Oleh karena itu saya percaya tugas yang mulia, tetapi tidak ringan ini, akan dapat kalian laksanakan dengan baik," kata SBY.

"Saya berharap kalian bisa menjadikan peristiwa yang sangat penting ini sebagai babak baru dalam perjalanan kehidupan kalian ke depan, mengabdi kepada bangsa dan negara, menjadi putera-puteri terbaik bangsa dan kebanggaan kita semua,"tambah SBY, Seperti dilansir laman Presiden ri.

Usai upacara, Presiden SBY dan Ibu Ani menyalami para anggota Paskibraka. Hadir dalam acara ini Wapres Boediono dan Ibu Herawati, Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Kesra Agung Laksono, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menpora Andi A Mallarangeng, Kapolri Jenderal Timur Pradopo, dan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono (c8/lik)

"Kalau sekarang ini ada yang menjelekkan nama Islam, kita didik agar membawa nama Islam yang damai"
K.H.Abdurrahman Wahid