Duka TKI : TKW Asal Madiun Meninggal di Taiwan

Duka TKI : TKW Asal Madiun Meninggal di Taiwan

MADIUN – wartapedia : Binti Isnaini, 45 tahun, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Desa Klorogan, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur yang bekerja di Taiwan meninggal dunia. Jenazah korban tiba di rumah duka dan langsung dimakamkan, Jum'at (8/4).

"Binti dinyatakan meninggal karena penyakit darah tingi. Hal ini dibuktikan dengan hasil rekam medis dari rumah sakit di Taiwan. Korban meninggal pada 30 Maret lalu setelah dirawat di rumah sakit selama dua hari," ujar Kepala Bidang Penempatan, Pelatihan, dan Produktivitas Tenaga Kerja (Pentalattas) Disnakertrans Kabupaten Madiun, Suyadi.

Menurut dia, Binti berangkat ke Taiwan 18 Juni 2009 lalu melalui jalur resmi dan diberangkatkan oleh PT Fortunatama Insani. Di Taiwan, korban bekerja di sektor informal sebagai pembantu rumah tangga. Saat ini, gaji dan asuransi sedang diurus oleh Perusahaan Pengerah Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) yang memberangkatkannya.

"Gaji korban yang belum dibayarkan sedang diurus PPTKIS, begitu juga dengan asuransinya. Pemkab Madiun sendiri juga memberikan santunan kepada keluarga korban," katanya.

Sementara itu, pihak keluarga juga membenarkan jika Binti memiliki riwayat penyakit darah tinggi. “Dulu, isteri saya memang sering mengeluh pusing kepalanya,” kata suami Binti, Priyono.

Priyono mengatakan, sebelum dikabarkan meninggal dan saat Binti masih dirawat, pihak keluarga sudah mendapat kabar dari pihak PPTKIS.

Ketika itu, petugas PT Fortunatama Insani menyuruh keluarga datang ke Jakarta. Namun permintaan ini tidak dipenuhi pihak keluarga karena kabarnya belum jelas. "Tanggal 27 Maret sebelum dirawat di rumah sakit, isteri saya sempat mengontak," ujarnya.

Kasus meninggalnya Binti ini adalah kasus pertama kematian TKI Kabupaten Madiun selama Januari hingga awal April 2011. Tahun 2010 lalu, kasus kematian TKI Kabupaten Madiun cukup tinggi yakni sedikitnya mencapai sepuluh orang.

Penyebab kematian TKI bermacam-macam mulai dari sakit, kecelakaan kerja, musibah diluar jam kerja, maupun karena penganiayaan oleh majikan. (c3/sun)

"Yang terpenting dari kehidupan bukanlah kemenangan namun bagaimana bertanding dengan baik."
Pierre de Coubertin