ALUTSISTA: TNI AD Diperkuat Heli Mi-17 V5 Buatan RUSIA

ALUTSISTA: TNI AD Diperkuat Heli Mi-17 V5 Buatan RUSIA

JAKARTA - Kekuatan alutsista TNI kembali diperkuar dengan kehadiran Enam Unit Helikopter Mi-17 V5 produksi Rusia. Armada ini akan memperkuat Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI Angkatan Darat khususnya di jajaran Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat (Puspenerbad).

Penyerahan dan penandatanganan berita acara serah terima Enam Unit Helikopter Mi-17 V5 dari pihak JSC Rosoboronexport Rusia kepada Kementerian Pertahanan RI, dilakukan Jum’at (26/8) di Skadron 21/Sena Pondok Cabe, Tangerang Selatan.

Penyerahan dilakukan secara simbolis berupa log book oleh perwakilan dari pihak JSC Rosoboronexport Rusia di Indonesia Vadim V. Varaksin kepada Kepala Badan Sarana Pertahanan (Ka Baranahan) Kemhan RI Mayjen TNI Ediwan Prabowo, S.IP.

Kemhan selanjutnya menyerahkan kepada Mabes TNI dalam hal ini diterima oleh Aslog Panglima TNI  Mayjen TNI H. Hari Krisnomo, S.IP, M.Sc., yang kemudian diserahterimakan kepada Mabes TNI AD dalam hal ini diterima Aslog Kasad Mayjen TNI Sonny Widjaja.


BACA JUGA:


Terakhir, dari Mabes TNI AD diserahkan kepada Puspenerbad dalam hal ini diterima oleh Komandan Puspenerbad Brigjen TNI Mochamad Wachju Rijanto.

Seperti dilansir Kemenhan, Penyerahan Enam Unit Helikopter Mi-17 V5 disaksikan langsung oleh Menhan RI Purnomo Yusgiantoro, Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo dan Dubes Rusia Alexander Ivanov.

Hadir dalam acara tersebut beberapa pejabat di jajaran Kemhan, Mabes TNI dan Mabesad.  Hadir pula sejumlah Anggota Komisi I DPR RI, pejabat perwakilan dari Kementerian Keuangan, Bappenas, Badan Pemeriksa Keuangan dan Bank Indonesia.

Pengadaan Helikopter Mi-17 V5 dilakukan berdasarkan Rencana Strategis TNI Angkatan Darat Tahun 2004-2009 dan dalam rangka pemenuhan Alutsista TNI Angkatan Darat yaitu Helikopter Angkut Militer.

Pengadaan Helikopter Mi-17 V-5 dengan dukungan Fasilitas State Loan dari Pemerintah Rusia sebesar USD. 56,000,000.00 (Lima puluh enam juta Dollar Amerika Serikat) diperoleh 6 (enam) unit Helikopter Mi-17 V5.

Helikopter Mi-17 V5 akan mengisi Skadron 31/Serbu, Semarang, yang disusun dengan komposisi 6 Helikopter serang Mi-35 (saat ini baru memiliki 5 unit) dan 18 unit Helikopter serbu Mi-17 V5 (yang baru diisi 6 unit).

Dengan kedatangan 6 unit  Helikopter Mi-17 V5 ini maka saat ini TNI AD memiliki helikopter produk Rusia sebanyak 12 unit Helikopter Serbu Mi-17 V5 dan 5 unit Helikopter Serang Mi-35P.

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, dengan kehadiran enam unit Helikopter Mi-17 V5 maka akan menambah kekuatan Alutsista TNI Angkatan Darat dan memperkuat kemampuan gelar satuan-satuan tempur TNI ke seluruh wilayah Indonesia.

Keberadaan 6 Helikopter angkut militer ini sangat dibutuhkan oleh TNI,  khususnya TNI AD dalam menjalankan peran, fungsi dan tugas pokoknya.

Helikopter Mi-17 V5 ini merupakan helikopter angkut militer yang handal dan dapat mengangkut 36 (tiga puluh enam) personel atau mampu mengangkut beban sekitar 3 (tiga) ton, sehingga dapat digunakan untuk kegiatan operasi militer dan operasi bantuan kemanusiaan serta penanganan bencana alam”, ungkap Menhan.

Dengan telah diserahterimakannya Helikopter Mi-17 V5 ini, Menhan meminta kepada jajaran TNI AD untuk dapat memanfaatkan dan memelihara Alutsista tersebut secara maksimal untuk mendukung tugas pokok, peran dan fungsinya menjaga kedaulatan dan keutuhan negara.(bdi/sr/dmc)

"Gairah kerja adalah pertanda daya hidup; dan selama orang tidak suka bekerja sebenarnya ia sedang berjabatan tangan dengan maut."
Pangemanann