Manfaatkan Potensi Kaum Hawa, Alumnus Harvard University Dirikan Lembaga Pembiayaan Khusus Usaha Mikro

Wartapedia, Surabaya. Sebagai salah satu kunci penggerak ekonomi di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran besar. Oleh karena itu, pemerintah, baik pusat maupun daerah terus mendorong keberlangsungan bisnis tersebut, salah satunya melalui pinjaman murah.

Potensi UMKM kini tidak hanya digeluti oleh laki laki saja, bahkan enterpreneur juga sudah diajarkan di sekolah sekolah menengah atas dan perguruan tinggi. Dan kini, ibu rumah tangga juga bisa membantu perekonomian keluarga, dengan berwirausaha.

Melihat potensi yang dimiliki kaum perempuan, khususnya ibu rumah tangga di pedesaan untuk bisa memberdayakan diri inilah, menjadi salah satu alasan Andi Taufan Garuda Putra, alumnus Harvard University, untuk mendirikan Amartha. Lembaga pembiayaan khusus usaha mikro.

“Kami berkomitmen untuk menguatkan segmen piramida terbawah Indonesia melalui penyediaan pembiayaan dan pendampingan bisnis yang berkelanjutan,” paparnya, Senin (28/8/2017).

Dari riset yang dilakukan Amartha di tahun 2016, dengan pendampingan bisnis yang baik dan pendekatan yang humanis, pihaknya mampu meningkatkan produktifitas perempuan di desa sebesar 41% selama satu tahun terakhir.

“Hal ini yang akan terus kami lakukan dengan menghadirkan beberapa area layanan baru di Jawa Tengah dan Jawa Timur, agar kesejahteraan masyarakat terutama di daerah pelosok, semakin baik,” tambah Taufan.

Selain itu, pihaknya juga mengajak para pendana urban atau investor untuk bergabung, yang tujuannya juga akan menambah lebih banyak UMKM di Indonesia yang mendapat suntikan modal dan pendampingan bisnis.

Menunjukkan sebagai produk investasi yang aman, Amartha telah terdaftar di Direktorat Kelembagaan dan Produk IKNB (Industri Keuangan Non Bank) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor registrasi S-2491/NB.111/2017 sebagai Penyelenggara Layanan Simpan Pinjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.(nik/asb)