KLH : Launching Jabatan Fungsional Pengawas Lingkungan Hidup.

KLH : Launching Jabatan Fungsional Pengawas Lingkungan Hidup.

Pejabat tersebut nantinya bertugas mengawasi dan melaporkan tentang kondisi pencemaran lingkungan

JAKARTA - Guna menindaklanjuti Pasal 71 Ayat (4) Undang-undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) melaunching Jabatan Fungsional Pengawas Lingkungan Hidup.

"Peluncuran jabatan fungsional ini sendiri bertujuan untuk memberikan pemahaman dan persepsi dalam mengoptimalkan pengawasan melalui pengembangan Jabatan Fungsional Pengawas Lingkungan Hidup serta mendukung terwujudnya pelaksanaan reformasi birokrasi" Ujar Deputi VII Bidang Pembinaan Sarana Teknis Lingkungan dan Peningkatan Kapasitas, KLH, Dr. Henry Bastaman, MES, Rabu (15/2)

"Kondisi lingkungan hidup yang buruk ditandai dengan berbagai macam persoalan lingkungan, seperti pencemaran, banjir, longsor dan bencana-bencana lingkungan lainnya. Tidak hanya berdampak negatif terhadap aspek sosial dan ekonomi namun berpengaruh pula pada kepada tatanan kehidupan masyarakat" Jelasnya, Seperti dilansir laman Kominfo Jatim.

Penyebab utama tingginya laju pencemaran dan kerusakan lingkungan dikarenakan semakin berkembangnya usaha atau kegiatan yang berhubungan dengan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup. Namun tidak diiringi dengan peningkatan ketaatan terhadap lingkungan hidup dari para pelaku.

Agar hal itu tidak terus berlanjut, perlu upaya yang lebih keras dalam melaksanakan fungsi pengawasan. Kendalanya adalah keterbatasan aparatur pengawas, sistem karier yang belum jelas bagi pengawas lingkungan, serta konpensasi yang belum memadai bagi para aparatur.

“Hal ini sedikit banyak akan berimbas kepada pelaksanaan pengawasan yang tidak profesional dan mandiri,” katanya.

Aparatur yang menjabat di posisi tersebut diharapkan dapat mengakomodasi kepentingan pengawasan terhadap berbagai usaha dan kegiatan yang bersentuhan dan terkait dengan pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup. (c8/lik)

"Yang terpenting dari kehidupan bukanlah kemenangan namun bagaimana bertanding dengan baik."
Pierre de Coubertin