Launching Komunitas Jurnalis Hukum Jatim, Berikan Warna Berbeda Dalam Dunia Jurnalistik

Surabaya – Bertempat di Suroboyo Foodcourt Jalan Dinoyo nomer 92 Surabaya, Komunitas Jurnalis Hukum (Jurkum) Jawa Timur akhirnya melaksanakan launching dan pemilihan ketua umum untuk periode 2018-2020.

Samsul Wahyudi dari jurnalis koran harian pojok kiri akhirnya terpilih sebagai Ketua Komunitas Jurnalis Hukum (Jurkum) Jatim dalam acara Musyawarah Bersama Komunitas Jurkum yang digelar di Surabaya, Jumat (27/4).

Pengukuhan kandidat Ketua Komunitas Jurnalis Hukum Jawa Timur baru ini, dihadiri puluhan awak media baik cetak maupun online dan media elektronik.

Dengan adanya komunitas yang baru dibentuk ini diharapkan bisa menjadi pemersatu jurnalis di setiap pos kerja (pokja) wilayah hukum di Surabaya.

Disepakati wilayah hukum tersebut adalah Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan Negeri serta tempat jurnalis yang memang memahami dibidang hukum.

Dalam acara Musyawarah bersama Komunitas Jurnalis Hukum Jawa Timur tersebut, tampak hadir beberapa Jurnalis Senior seperti Uzair Zam Zami, Tri Karyono S, Arifin. Sementara dari kalangan jurnalis muda diantaranya Samsul Wahyudi, Jhon Saragih, Khoirul, Anwar, Chandra, Ichal, Slamet, Djoko Sonny, Saikul, Tio, Adi, Bediun Sitinjak serta rekan media undangan yang lain.

Acara semakin meriah dengan hadirnya Dea Melanie, S.H, perwakilan dari Aliansi Jurnalistik Online (AJO) Indonesia Biro Jatim, yang memberikan dukungan dalam kegiatan launching JURKUM.

“Acara seperti ini sangat diharapkan oleh semua insan wartawan khususnya di Jatim,” ujar Dea Melanie.

Harapannya, lanjut Dea, semua wartawan atau jurnalis bisa di koordinir dan bersatu untuk satu tujuan benahi profesionalisme Jurnalis.

Dalam sambutannya, ketua Jurkum yang baru Samsul Wahyudi mengatakan bahwa dirinya berterima kasih atas kepercayaan yang sudah diberikan oleh teman-teman jurnalis untuk memimpin komunitas jurnalis hukum Jawa Timur.

“Saya terpilih sebagai ketua Jurkum, ini semua tak luput dari kepercayaan teman-teman yang memberikan mandatnya, saya juga berharap teman-teman agar solid dan membangun system kerja di bidang hukum untuk lebih profesional dan sesuai kode etik jurnalis, “Yang pasti saya tidak bisa kerja sendiri kita adalah “team work”, kita harus solid untuk satu tujuan memperbaiki system kinerja jurnalis yang berada di pos kerja (pokja) hukum.” tegas Samsul.

Sementara itu, salah satu jurnalis senior, Tri Karyono S dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya berharap rekan-rekan jurnalistetap dalam satu misi dan visi serta bekerja sesuai dengan UU Pers.

”Saya hanya berharap supaya rekan-rekan Jurnalis tetap dalam satu misi dan visi, yaitu bekerja sesuai UU tentang Pers no. 40 tahun 1999. Selain itu juga tunduk patuh dalam peraturan Dewan Pers. Kita junjung tinggi Etika Jurnalistik ” tutupnya. (Son)