Lagi, Polda Jatim tembak mati bandar Narkoba 5 Kg

Wartapedia, Surabaya. Lagi-lagi bandar Narkoba kembali di tembak mati petugas. Di bawah komando AKBP Kartono, anggota Unit II Subdit III Ditreskoba Polda Jatim menembak mati Ervin Kariyadi alias Bogel (34) warga Taman Sidoarjo, di kawasan Duduk Sampeyan, Gresik, Jawa Timur.

Kapolda Jatim, Irjen Pol. Machfud Arifin mengatakan, Bogel yang merupakan seorang bandar narkoba terpaksa dilumpuhkan karena pada saat hendak dilakukan penangkapan, dirinya melakukan perlawanan. Sementara rekannya, Bagus alias Ucil (23) warga Jalan Mastrip, Surabaya, dapat ditangkap hidup-hidup.

Dari upaya paksa ini, Kepolisian menyita barang bukti berupa 5 kilogram Sabu-sabu senilai Rp 7,5 miliar, dengan rincian barang bukti dari Bogel 4,970 kilogram Sabu-sabu dan dari Ucil sebanyak 4 gram Sabu-sabu.

“Pelaku (Bogel, red) tertembak hingga tewas karena melakukan perlawanan,” kata Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin didampingi Dirrreskoba Kombes Gagas Nugraha dan Kabid Humas Kombes Frans Barung Mangera, Kabid Dokkes RS Bhayangkara Polda Jatim Kombes dr Budi dan Karumkit RS Bhayangkara Kombes dr Prima Heru.

Machfud mengungkapkan, proses penangkapan ini sendiri bermula dari saat pelaku Bogel yang tak lain adalah residivis itu, hendak melakukan pengambilan barang narkoba jenis Sabu-sabu di kawasan Duduk Sampeyan, Gresik.

“Kemudian begitu tertangkap, Bogel digiring ke rumahnya kawasan Jalan Suryaningrat, Taman Sepanjang, Sidoarjo, Jawa Timur,” ungkap Machfud.

Di rumah Bogel inilah, polisi melakukan penggeledahan dan di dapat 4,1 kilogram Sabu-sabu siap edar. Kemudian dari proses pemeriksaan awal, pelaku dari bandar yang lebih besar lagi untuk mengambil barang inilah, pelaku melakukan perlawanan dan berusaha untuk kabur.

Melihat hal ini, polisi melakukan tembakan peringatan, namun tidak digubris, petugas pun terpaksa menghadiahi timah panas yang mengenai dadanya, hingga akhirnya Bogel tersungkur dan tewas. Saat itu pula, jenazah Bogel dikirim ke kamar jenazah RS Bhayangkara Polda Jatim.

Terkait bagaimana bandar ini memasarkan kristal haramnya itu, Machfud menuturkan bahwa dalam setiap melakukan transaksinya, Bogel menggunakan sistem ranjau.

“Yang jelas proses yang dilakukan oleh bandar narkoba itu sistem ranjau,” pungkasnya.

Oleh : Achmad Syaiful Bahri