Kunjungi Polrestabes Surabaya, Menteri PAN-RB puji teknologi Command Center

Wartapedia, Surabaya. Kepala Kepolisian Resort Kota Besar (Kapolrestabes) Surabaya, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol.) Mohammad Iqbal menerima kunjungan Menteri Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Dr. H. Asman Abnur.

Dalam kunjungannya, Asman mengapresiasi terobosan yang telah dijalankan Polrestabes Surabaya dalam memonitor kota Surabaya dalam satu ruang, yakni Command Center. Tak hanya mengapresiasi, Asman bahkan memuji teknologi yang diterapkan markas polisi yang dikenal Hoofdbureau ini.

“Nah kalau Surabaya One Stop A Head lah, artinya selangkah lebih maju teknologinya, walaupun belum sempurna, saya sudah tahu bahwa ini sudah standart International,” ujar Asman, Jumat (06/10).

Atas teknologi yang dimiliki Porlestabes Surabaya ini, Asman mencontohkannya dengan kondisi di Singapura. Asman menceritakan, bahwa di sana tidak ada polisi yang berkeliaran. Segala situasi yang ada di lapangan di pantau melalui CCTV.

Kendati saat ini Surabaya masih melakukan uji coba penerapan tilang terhadap pelanggar lalu lintas melalui hasil rekaman CCTV, maka nantinya diharapkan pembayaran tilang juga via smartphone. Dengan demikian, Asman menuturkan, pihak petugas tidak perlu lagi repot di jalan.

“Rupanya ini sudah dibuat oleh Surabaya, tilang gak perlu lagi nyatat nyatat di pinggir jalan, tekan tombolnya, sudah terekam mobilnya,” tuturnya.

Terhadap terobosan yang sudah dijalankan oleh Polrestabes Surabaya ini, Asman yakni, apabila itu diterapkan, tingkat efisiensi dan efektivitas itu akan terjadi. Baik dari jumlah anggota, maupun tenaga maupun peralatan. Kalau sudah begitu pihaknya yakin Indonesia tidak kalah dengan negara negara lain yang sudah maju.

“Saya mendorong agar setiap Kementerian itu menerapkan sistem e Goverment,” ungkapnya.

Menpan menegaskan, jika lembaga publik tidak boleh lagi mengelolah suatu unit, seperti polisi, Kementerian, atau Pemerintah Daerah berbasiskan manual. “Kita harus maju, kedepan ini tidak boleh terelakkan sistem yang berbasiskan elektronik,” tandasnya.