KPU Kotamobagu Akan Gelar Uji Publik Untuk Calon Walikota dan Wakil

Kotamobagu – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu, berencana akan menggelar uji publik bagi kedua pasang Calon Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu tahun 2018, usai mengikuti test kesehatan nanti.

Hal tersebut dikatakan oleh Asep Sabar, Jumat (12/01/18) siang. Komisioner KPU Kotamobagu, itu mengatakan uji publik bagi calon kepala daerah Kotamobagu, itu harus dilakukan sesuai dengan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU)

“Disini masyarakat diberikan kesempatan. Untuk memberikan masukan bagi kedua pasang calon walikota dan wakil walikota,” kata Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu.

Dikatakan Asep, Uji Publik tersebut dilakukan atas perintah PKPU, yang telah menerima mengumumkan daftar calon, hingga menerima berkas pendaftaran calon.

“Pertama, KPU Kotamobagu diminta untuk mengumumkan daftar bakal pasangan calon beserta dokumen pendaftaran kepada masyarakat untuk mendapatkan masukan,” tambah asep.

Lanjut Asep, dari tanggapan masyarakat itu, harus disertai dengan identitas, melampirkan fotocopy KTP.

“Masukan dan tanggapan masyarakat itu disampaikan kepada KPU Kota Kotamobagu dilaman KPU Kota Kotamobagu atau media sampai dengan masa penelitian. Kemudian yang ketiga, Masukan dan tanggapan masyarakat tersebut disampaikan secara tertulis dan dilengkapi dengan identitas jelas serta fotocopy KTP,” jelas Asep.

Lebih lanjut lagi dikatakan Asep, tanggapan masyarakat tersebut akan dibuka mulai dari 16 Januari 2018,” terangnya.

Perlu diketahui, saat ini KPU Kotamobagu sedang dalam verifikasi berkas yang dimasukkan dari kedua pasang calon Walikota dan Wakil Walikota, atas nama Ir Hj Tatong Bara yang berpasangan dengan Nayodo Kurniawan, serta Drs Hi Jainuddin Damopolii berpasangan dengan Drs Suharjo Makalalag.

“Saat ini kempat orang calon Walikota dan Wakil Walikota, sedang dalam tahapan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Prof Kandow Manado.” Tutup Asep Sabar, Komisioner KPU Kotamobagu.  (Zul)