Buah Tin : Praktis dan Berkhasiat

Buah Tin : Praktis dan Berkhasiat


Mungkin buah ini bisa menjadi alternatif Anda untuk menjaga kesehatan. Buah Tin Namanya

WARTAPEDIA - Tahukah Anda apa itu buah tin. Ya tanaman buah ini tak ubahnya seeprti pohon jarak pagar. Begitu juga dengan buahnya. Buahnya mirip dengan tanaman jarak pagar. Bedanya buah dari buah tin ini sedikit lebih besar dibanging buah jarak.

Tanaman ini menurut Masruchin si empunya, berasal dari Timur Tengah yakni Palestina dan Persia. Uniknya buah dari tanaman ini bisa langsung dari pohonnya bahkan menurut masruchin dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

“Anak-anak sering main kerumah dan suka memakannya. Buahnya manis bisa untuk obat,” aku Masruchin yang mengaku mendapatkan tanamn itu dari  Jakarta.

Menurut Masruchin tanaman ini mengandung berbagai khasiat yang dapat menyembuhkan berabgai macam penyakit. Diantaranya adalah pengencer dahak, penghancur batu di saluran kencing, menstabilkan diabetes dan obat cacing, dan getah yang dikeringkan dapat dipakai untuk pengental susu.

Namun bagi Anda bila enggan memakan secara langsung, buah ini juga bisa dijadikan juice. Anda tidak usah khawatir untuk keliru memilih mana buah yang masak dan bukan. Pasalnya, buah ini memiliki tanda yang sama dengan buah lainnya. Yakni berwarna kuing ketikan masak.

Tanaman ini memiliki empat jenis. Yakni berwarna hijau, unggu, hitam dan merah dengan warna kemaangan yang berbeda-beda. Yakni bila buahnya berwarna hijau maka keadaan masaknya berwarna kuning. Bila buahnya berwarna hitam masaknya memiliki warna hitam yang lebih menonjol.

Demikian juga unggu dan merah. Warnanya lebih gelap bila menunjukkan kematangan. Namun yang jadi tanda utamanya adalah buahnya gembur. “Asalkan buahnya sudah gembur dan buahnya nampak segar itu sudah matang”, terangnya.(luk)

Bumi ini cukup untuk tujuh generasi, namun tidak akan pernah cukup untuk tujuh orang serakah
Mahatma Gandhi