2020 Indonesia Bebas Rabies

2020 Indonesia Bebas Rabies

JAKARTA - wartapedia : Pemerintah dalam menyambut Hari Rabies Sedunia menargetkan Indonesia akan terbebas daripenyakit rabies pada 2020, target tersebut merupakan target negara-negara se-ASEAN.

Tetapi sebetulnya Indonesia bisa lebih awal mencapai target dalam memberantas rabies dibanding negara-negara Asean lainnya,ungkap Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Bayu Krisnamukti pada jumpa pers menyambut Hari Rabies Sedunia di Jakarta, Senin(27/9).

Penyakit rabies yang paling utama disebabkan oleh gigitan anjing, dan yang paling berbahaya karena anjing merupakan teman dekat manusia.


Virus Rabies telah menyerang sekitar 74 negara. Setiap tahun sekitar 50.000 orang diseluruh dunia meninggal akibat serangan rabies

Menurutnya, Indonesia masih termasuk Negara yang belum bebas rabies karena masih ada serangan rabies. Dari laporan yang diterima, serangan rabies masih terjadi hampir disemua pulau di Indonesia seperti di Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawasi,Flores, Lembada dan Maluku.

Seperti di Bali yang menjadi pusat perhatian dunia, serangan rabies dalam tiga tahun terakhir sejak April 2008 sampai dengan akhir Agustus 2010 sebanyak 34.900 kasus gigitan binatang yang mengandung rabies, dari jumlah tersebut sebanyak 93 orang meninggal akibat rabies. Salah satu ancaman yang paling besar terserang rabies adalah anak-anak, karena anak-anak sering bermain dengan anjing,ujarnya.

Bayu mengatakan, strategi dasar dari penanganan rabies, adalah menangani rabiesnya bukan anjingnya atau yang diatasi penyakitnya bukan hewannya. Pemerintah telah menangani dengan berbagai langkah seperti di Bali dengan pengawasan lalu lintas hewan, juga sosialisasi dan komunikasi, melakukan vaksinasi, bahkan dilakukan eliminasi bagi hewan-hewan yang tertular.

Pengawasan pun tidak hanya terfokus pada anjing tetapi juga terhadap hewan lain seperti kera dan kucing. Ia menambahkan, Pemerintah Indonesia menyambut baik dukungan yang diberikan oleh World Society for the Protection of Animals (WSPA) atau Organisasi Kesejahteraan Hewan se Dunia yang melakukan kegiatan utamanya dengan vaksinasi terhadap anjing di Bali.(c7/ric)

"Saya pribadi, Presiden Akayev, tidak pernah dan tidak mempunyai keinginan apapun untuk mengganti konstitusi dengan tujuan memperpanjang masa jabatan saya"
Presiden Askar Akayev