Kepala Staf Angkatan Laut Sambut Kedatangan KRI Nagapasa – 403

Wartapedia, Surabaya. Kapal selam ketiga milik TNI Angkatan Laut, KRI Nagapasa – 403, yang telah melakukan perjalanan sejak 12 Agustus 2017, hari ini tiba di Dermaga Kapal Selam Koarmatim, Ujung, Surabaya, dari Korea Selatan.

Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana Ade Supandi, didampingi Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Lakaamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, menyambut kedatangan kapal selam diesel elektrik pesanan pertama Indonesia kepada Korsel.

“Jadi kapal ini dibangun, konstruksinya selama empat tahun, cukup lama,” ujar KASAL Laksamana Ade Supandi, Senin (28/08/17).

Indonesia memesan tiga unit kapal selam ke Korsel, dengan kesepakatan kerjasama transfer teknologi. Kapal selam pertama dan kedua dibangun di perusahaan pembuatan kapal Korsel, DSME. Sedangkan kapal selam ketiga dibangun di galangan kapal PT. PAL Indonesia yang bekerjasama dengan DSME.

“Dengan penambahan kapal selam ini, semoga semakin menambah daya gempur bagi Angkatan Laut,” paparnya.

Kapal selam Nagapasa dikomandani oleh Letkol Laut (P) Harry Setiawan. Penamaan Nagapasa ini diambil dari anak panah Indrajit, yang dahsyat dan diyakini mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan negara.(nik/asb)