Kawah Sileri Meletus, 10 Orang Wisatawan Terluka

Lokasi wisata Kawah Sileri, Dieng, Banjarnegara.

Wartapedia, Banjarnegara. Peristiwa memilukan kembali terjadi, Kawah Sileri yang berlokasi di Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah meletus, Minggu, 2 Juli 2017 sekitar pukul 12.00 WIB.

Akibat dari letusan tersebut,sedikitnya 10 orang wisatawan mengalami luka-luka setelah terkena material lahar dingin, lumpur dan asap.

Berbagai sumber menyebutkan, Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo mengatakan, bahwa korban luka saat ini sudah dievakuasi ke Puskesmas Batur.

Sementara itu, letusan dari Kawah Sileri itu sendiri mencapai 50 meter, sehingga mengenai para wisatawan yang berada disekitar lokasi letusan.

“Letusan disertai dengan material lahar dingin, lumpur, dan asap hingga mencapai 50 meter,” kata, Sutopo, Minggu (02/07).

Menurutnya, tipe letusan yang ditimbulkan oleh Kawah Sileri adalah jenis Freatik, yakni letusan berupa gas atau embusan asap dan material yang dipicu oleh tekanan gas yang berada di bawah permukaan.

Berdasarkan data yang didapat, letusan tersebut terjadi sekitar pukul 12.00 WIB. Sedangkan jumlah wisatawan yang berada di kawasan Kawah Sileri saat itu, sekitar 17 orang.(as)