Kantor Disperindag Jatim Terbakar, Tim Labfor Mabes Polri Mengidentifikasi

Situasi terakhir terbakarnya Kantor Disperindag Provinsi Jatim.

Wartapedia, Surabaya. Peristiwa kebakaran yang menimpa Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur masih dalam penyelidikan. Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jatim masih berusaha untuk mengungkap penyebab kebakaran Kantor Disperindag tersebut.

Untuk mengetahui penyebab pasti, tim Labfor Mabes Polri cabang Surabaya melakukan penyelidikan terkait penyebab kebakaran di kantor Disperindag Provinsi Jatim, Jalan Siwalankerto Utara II, Surabaya yang terjadi sekitar pukul 05.00 pagi, Kamis, 6 Juli 2017.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, dalam peristiwa kebakaran ini, api melalap habis atas gedung dan ruangan di lantai II Kantor Disperindag Provinsi Jatim. Sayangnya Barung belum bisa menceritakan penyebab terjadinya kebarakan lantaran Tim Labfor masih bekerja keras menyelidiki kebakaran ini.

Barung mengaskan, dirinya masih enggan berspekulasi terkait hal tersebut. Menurutnya, Tim Labfor memerlukan waktu yang cukup untuk mengumpulkan bukti-bukti terkait kebakaran yang terjadi hari ini juga (kemarin).

“Hasilnya tidak bisa diketahui hanya dalam waktu sebentar saja. Kan kebakarannya baru saja terjadi, tidak ujuk-ujuk langung disimpulkan begitu saja. Seperti kebakaran Pasar Turi, berapa lama penyelidikan yang dilakukan Labfor kami untuk mengungkap hal itu,” kata Frans, Kamis (06/07).

Untuk saat ini, pihaknya juga masih menunggu kesimpulan dan penyebab terjadinya kebakaran di Kantor Disperindag Jatim. Pihaknya mempersilahkan Tim dari Labfor untuk bekerja menyelidiki penyebab kebaran ini. Terkait jangka waktu penyelidikan, lagi-lagi Barung tidak bisa memastikan kapan hasilnya akan keluar.

“Biarkan mereka (Labfor) beker dulu. Memang saat ini kita sedang kerja keras mengumpulkan bukti-bukti. Kalau bisa yang secepatnya akan kita sampaikan hasilnya, kemungkinan satu mingguan untuk bisa mengetahui factor penyebab kebakaran ini,” tegas Barung.

Disinggung terkait pihak-pihak yang sudah dimintai keterangan terkait kebakaran Disperindag, pria yang pernah menjabat sebagai Kabid Humas Polda Sulsel ini enggan merincikan hal tersebut. Pihaknya meminta masyarakat untuk membiarkan Polisi bekerja dalam penyelidikan kebakaran yang terjadi di Kantor Disperindag Jatim.

“Kan baru tadi pagi (kemarin) kejadiannya, biarkan dulu Polisi bekerja. Rangkaian suatu peristiwa itu berurut, dan akan kita tanya dulu siapa saja yang ada disana, barulah kita panggil mereka dengan surat panggilan resmi,” ucap Barung.(bed/asb)