Kakorlantas Mabes Polri Kunjungi Command Center Polrestabes Surabaya

Wartapedia, Surabaya. Lagi-lagi Command Center Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Surabaya kembali mendapat kunjungan setelah sebelumnya didatangi oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Men PAN-RB) Asman Abnur, dan Wakil Inspektur Pengawasan Umum (Wairwasum) Polri, Irjen Pol I Ketut Untung Yoga.

Kali ini, giliran Kepala Korps Lalu Lintas Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Kakorlantas Mabes Polri) Irjen Royke Lumowa mendatangi markas polisi yang di kenal dengan nama Hoofdbureau. Dalam kunjungan kerjanya, Royke menyempatkan diri untuk melihat secara langsung Command Center milik Polrestabes Surabaya ini.

Pada kunjungannya, mantan Kapolda Papua Barat ini disambut langsung oleh Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol. Mohammad Iqbal, Kasat Lantas, Kombes Pol. Adewira Siregar, Kasat Reskrim, Kombes Pol. Leonard Sinambela, Kasat Reskoba, Kombes Pol. Roni Faisal Saiful Faton, serta Pejabat Utama Polrestabes Surabaya.

“Kami bangga ya, ruangan Command Center Surabaya bisa jadi contoh yang akan diangkat ke tingkat nasional,” ujar Royke, Jumat (13/10).

Kakorlantas Mabes Polri) Irjen Royke Lumowa didampingin Kombes Pol. Mohammad Iqbal dan PJU Polrestabes Surabaya saat meninjau sistem kerja Command Center Polrestabes Surabaya.

Melihat sistem kerja Command Center, Royke tampak terpukau. Selain dapat memonitor kondisi lalu lintas, di ruang yang dipenuhi dengan teknologi digital itu, Polrestabes Surabaya juga dapat melakukan penindakan tilang melalui Closed Circuit Television (CCTV) yang terpasang di berbagai sudut jalan raya, terutama jalan-jalan protokol.

Selain melihat sistem kerja Command Center, Royke juga menilai kondisi bangunan gedung monitoring milik Polrestabes Surabaya itu. Menurutnya, bangunan Command Center termasuk kokoh dan efektif. Dari lantai dasar pusat Command Center, yang dilanjutkan dengan mengintip lantai dua, Royke tampak kian kagum saat Kapolrestabes Surabaya menunjukkan ruang Cyber Troops.

“Saya sudah lihat tadi, lantai satu sampai lantai dua, cukup kokoh, efektif dan praktis ya, dari atas bisa kendalikan yang ada di bawah. Ini baru terjadi dan terlihat di Surabaya, jadi kami bangga dengan itu,” kata Royke.

Dalam kesempatan ini, Royke juga menyampaikan tentang penindakan tilang elektronik di Command Center Polrestabes Surabaya yang ke depannya akan ada regulasi yang jelas terkait tindak lanjut proses tilang tersebut. Menurutnya, saat ini yang dilakukan kepolisian adalah mengirimkan surat tilang ke alamat sesuai identitas kendaraan.

“Demikian juga dengan plat nomor kendaraan. Ke depan, akan ada kajian lebih lanjut,” imbuhnya.

Selain meninjau Command Center, Royke beserta rombongan juga melihat secara langsung kondisi bangunan baru lainnya milik Polrestabes Surabaya yang saat ini masih dalam proses pembangunan. Diantaranya, Ruang SPKT, Gedung Bhara Daksa, Barak Sabhara dan Tahti.