Jika Menang Pilgub Jatim, Inilah Harapan Dalang Lokal Ke Emil Dardak

Surabaya:Sesepuh persatuan dalang Indonesia (Pepadi) Jawa Timur Ki Sukron Suwondo berharap agar Emil Lestianto Dardak yang kini maju sebagai calon wakil gubernur Jawa Timur benar -benar memikirkan kemajuan dan kiprah para dalang di daerah ini dengan memberikan porsi yang memadai dalam berbagai pagelaran.

Menurut dalang kondang asal Blitar ini memberi ruang lebih bagi dalang- dalang lokal untuk berkiprah dalam lingkup Jawa Timur sudah cukup dianggap membantu pengembangan seni pertunjukan dan adiluhung itu.

“Pemimpin daerah tak perlu paham misalnya apa dan bagaimana wayang itu, yang penting punya keberpihakan yang jelaa kepada kelompok wayang yang ada di daerah ini,’ ujar Ki Suwondo tadi siang saat dikonfirmasi , sabtu (3/2).

Dia menyebut seni pertunjukan wayang di Jatim sesungguhnya tidak kurang -kurang baik dari sisi jumlah maupun kualitas pertunjukan. Dia menyebut di Blitar saja tidak kurang ada seratus dalang dan kelompok dalang yang berkiprah.

“Bayangkan, tiap kelompok wayang mengampu hingga 70 orang sebagai anggota, tinggal menghitung saja berapa kepala keluarga yang dihidupi dari kesenian tradisi ini,” imbuh dalang yang kini berusia 63 tahun tersebut.

(Yd)