Jelang Hari Raya Qurban, Dinas Peternakan Jatim Buka Bazar

Wartapedia, Surabaya. Hari raya Idul Adha 1438 H kian di ujung mata. Para penjual hewan Qurban pun sejak seminggu sebelumnya sudah banyak yang memperdagangkan ternaknya.

Oleh karena itu, pemerintah mengingatkan kepada masyarakat selalu memperhatikan dan mengutamakan kualitas dari binatang ternak yang hendak dibeli untuk Qurban.

Untuk memenuhi kualitas standart kesehatan hewan Qurban, Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur menyediakan hewan Qurban sesuai dengan kualitas standart kesehatan hewan.

Hewan Qurban itu sendiri, disediakan melalui Bazar hewan Qurban 2017 yang di gelar di halaman Disnak Jatim. Dengan adanya bazar ini, diharapkan dapat membantu masyarakat mendapatkan hewan Qurban yang baik.

Ketua Panitia Bazar Hewan Qurban, Juliani mengatakan, maksud dan tujuan Bazar ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat, terkait rekomendasi tempat penjualan hewan qurban yang sesuai dengan prinsip kesejahteraan hewan.

“Dan cara penjualan yang menggunakan sistem timbangan badan,” kata Juliani, saat pembukaan Bazar Hewan Qurban 2017, Senin (28/08/17).

Dalam Bazar ini, Juliani menuturkan, masyarakat mendapatkan jaminan bahwa hewan yang diperjualbelikan telah diperiksa dengan seksama oleh dokter hewan. Dua jenis hewan qurban tersedia, masing masing 34 ekor sapi dan 170 ekor kambing.

“Ternak qurban yang terjual, akan mendapatkan surat keterangan kesehatan hewan,” tuturnya.

Sementara itu, PLT Kepala Dinas Peternakan Jatim, Abdul Hamid menyampaikan, seluruh hewan ternak yang dijual untuk kebutuhan Idul Adha ini, harus memenuhi unsur ASUH.

“Aman, Sehat, Utuh dan Halalan Toyyibah,” jelas Abdul Hamid.

Sebanyak 10 stan disediakan Disnak, yang bekerjasama dengan beberapa kelompok peternak di Jatim. Masing-masing 4 stan penjualan sapi, dan 6 stan penjualan kambing. Bazar dilaksanakan sejak tanggal 28 Agustus sampai dengan 1 September 2017.(nik/asb)