Jelang Hari Raya Idul Adha, Bulog Divre Jatim Distribusikan Bahan Pokok

Wartapedia, Surabaya. Guna memenuhi kebutuhan pokok menjelang hari raya Idul Adha, Bulog Divre Jatim mendistribusikan sejumlah bahan pokok, yang terhitung sejak hari ini, Jumat, 25 Agustus 2017.

Distribusi kebutuhan pokok itu meliputi beras, gula dan minyak goreng yang didistribusikan ke 202 titik pasar di seluruh Jawa Timur. Hal itu merupakan program Gerakan Stabilisasi Pangan (GSP) jelang hari besar Idul Adha.

Kepala Bulog Divre Jatim, Usep Karyana mengatakan, GSP adalah program yang siap dilaksanakan Bulog setiap jelang hari besar nasional. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi baik kelangkaan, maupun kenaikan harga.

“Kita ini jangan sampai ada harga sudah naik, baru kita turun, tidak!,” tegasnya, Jumat (25/8/2017).

Bulog melakukan penjualan untuk stabilisasi harga ini berdasarkan peraturan pemerintah. Dan disiapkan berapapun permintaan pasar. Selain itu, harga yang ditawarkan juga mengacu pasa Harga Eceran Tertinggi (HET).

“Harga kita mengacu kepada HET, seperti beras Medium harganya 9.450, terus kemudian gula 12.500, kemudian minyak itu 11.000,” paparnya.

Sementara itu, di Surabaya terdapat lima pasar besar yang mendapat distribusi bahan pokok dari Bulog Jatim. Masing masing Pasar Pucang, Genteng, Wonokromo, Bendul merisi dan Tambaksari.

“Ada lima pasar yang kita suplai. Menggerakkan seluruh koperasi, ada Rumah Pangan Lita, ada kerjasama dengan toko kelontong binaan Pemkot Surabaya,” imbuhnya.(nik/asb).