Jangan Ngaku Penikmat Kopi Sebelum Nyoba yang Satu ini

Wartapedia, Surabaya. Menikmati secangkir kopi bukanlah hal yang patut diremehkan. Pasalnya, kenikmatan dan cita rasa memiliki makna tersendiri bagi seorang penikmat kopi.

Bicara soal kopi, rasanya akan sangat disayangkan bila penikmat kopi melewatkan warung kopi alias warkop yang satu ini. Ya, kopi Sarkam. Warkop yang terletak di Jalan Nyamplungan, Surabaya ini tak pernah sepi dari pengunjung.

Warkop 24 jam, milik Muis Abdullah itu, menyajikan sebuah kopi khusus yang rasanya begitu khas yang dinamainya Kopi Ma’jun. Dengan campuran Ma’jun, aroma kopi kian menguat saat di seduh.

Kopi Ma’jun andalan Kopi Sarkam ini, memiliki khasiat tersendiri. Pada dasarnya, Ma’jun merupakan obat herbal yang di buat secara tradisional, yang kemudian dicampurkan ke dalam kopi.

“Insya Allah, dengan kopi Ma’jun capek-capek, pegel linu, letih, lelah dan kurang stamina akan terobati. Karena memang sebenarnya Ma’jun adalah obat herbal,” jelas pria yang akrab di panggil Bang Muis itu, Kamis malam (24/08).

Usaha warung kopi yang dikelola Muis ini, banyak digandrungi oleh warga sekitar Nyamplungan. Bahkan, yang sudah terbiasa nongkrong di warung kopi dekat Pasar Ampel itu, rela jauh-jauh datang hanya untuk sekedar ‘ngopi’.

“Ya lumayan, banyak juga teman yang rumahnya jauh tapi masih sekitar Surabaya, datang cuma untuk ngopi,” kata Muis.

Sementara itu, nama Kopi Sarkam menurut Muis, di ambil dari tempat dia berjualan yang masih satu gedung dengan Pasar Ampel. Pasar Ampel merupakan pasar kambing, yang merupakan kepanjangan dari singkatan Sarkam.

“Sebenarnya Kopi Sarkam itu timbul dari pelanggan sendiri, karena dekat dengan pasar kambing yang sudah terkenal dengan singkatan Sarkam. Makanya pelanggan menyebut kopi kami kopi sarkam,” tuturnya.

Seperti warung kopi pada umumnya, warung Kopi Sarkam juga menjual berbagai jenis jajanan. Seperti gorengan, kue-kue manis, nasi bungkus dan semacamnya, yang harganya relatif murah.

Nah, penasaran kan ? Jika anda bukan orang yang tinggal di Surabaya, maka sayang sekali lho kalau pas lagi ke Kota Pahlawan ini belum mencicipi Kopi Sarkam buatan bang Muis. Cukup dengan Rp. 5 ribu saja, Kopi Ma’jun siap menemani waktu nongkrong anda.

Oleh : Ahmad Ghani