Istimewa di Hari Kemerdekaan, 183 Napi Lapas Porong Dapat Remisi Bebas

Wartapedia, Sidoarjo. Momentum Kemerdekaan RI ke 72 tahun 2017 ini, sebanyak 183 orang narapidana mendapatkan kado istimewa, dimana mereka langsung bisa menghirup udara bebas, setelah beberapa tahun mendekam dalam Lembaga Pemasyarakat.

Dimana mereka merupakan bagian dari sebanyak 9.634 orang narapidana yang mendapatkan remisi umum, dengan potongan masa tahanan beragam, mulai dari satu bulan hingga enam bulan.

Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jatim – Susy Susilawati menjelaskan, narapidana yang mendapatkan remisi adalah mereka yang terjerat kasus pidana umum. Pihaknya telah mengusulkan sebanyak 11.821, namun yang dikabulkan Menteri Hukum dan HAM hanya 9.634.

“Kan ada yang belum memenuhi syarat karena belum enam bulan, maka yang diusulkan ada 11 ribuan itu,” tandas Susy, Rabu (16/8/2017).

Beberapa syarat agar napi mendapatkan remisi antara lain, memiliki kelakuan baik selama menjadi warga binaan, serta telah memenuhi syarat waktu tahanan. Sedangkan narapidana yang terjerat dalam kasus korupsi, terorisme dan narkoba, tidak mendapatkan remisi.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Timur – Syaifullah Yusuf, seusai secara simbolis memberikan Surat Keputusan (SK) Menkum HAM atas remisi tersebut mengharapkan, narapidana yang mendapatkan remisi, bisa menjadi Duta Besar atau agen perubahan bagi masyarakat sekitar.

“Untuk menyampaikan ke masyarakat bahwa Lembaga Pemasyarakatan itu tak enak, masuk penjara itu tidak nyaman, tidak bagus dan bikin masalah,” kata Wagub.

Berdasarkan data Kanwil Kemenkum HAM Jatim, jumlah narapidana yang ada di seluruh Lapas di Jatim sebanyak 14.287 orang, sedangkan yang mendapatkan remisi Kemerdekaan sebanyak 9.634 orang napi. Terbanyak yang mendapatkan remisi adalah napi dari Lapas Porong dan Lapas Malang. (nik/asb07)