Ini Cara Cabup Hisan Cegah Korupsi Di Sampang Jika Terpilih

Surabaya:Calon Bupati Sampang, Hisan memiliki cara jitu untuk mencegah terjadinya korupsi, jika nantinya dipercaya masyarakat menjadi kepala daerah. Calon Bupati Hisan akan memaksimalkan peran Inspektorat dalam mengawasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terutama penganggaran dan pelaksanaan dilapangan.

Hisan menilai rata-rata Inspektorat kinerjanya kurang maksimal dalam mengawasi OPD. Maka kemajuan suatu daerah tergantung pada leader atau kepala daerah dalam memimpin sebuah pemerintahan. Padahal di dalam birokrasi ada inspektorat yang selama ini kurang maksimal sesuai harapan masyarakat.
“Rata-rata seperti itu. Selama ini Inspetorat kurang dimaksimalkan sehingga pelaksanaan OPD kurang pengawasan,” ujar Hisan ketika ditemui di sela-sela‘Pembekalan Anti Korupsi dan Deklarasi LHKPN Paslon Kepala Daerah di Jatim‎’, di Gedung Grahadi, Kamis (12/4/2018).
Mantan anggota DPRD Jatim itu menegaskan, komitmen yang harus dilakukan calon kepala daerah dalam pengelolaan sebuah pemerintahan daerah harus sesuai aturan yang ada, terutama dalam menyusun dan penganggaran dana di sebuah daerah.

“Kepala daerah harus paham betul aturan yang berlaku sehingga tidak terjebak, atau dikatakan korupsi,” paparnya.

Politisi asal Partai Demokrat itu menjelaskan bahwa penganggaran harus dilakukan sesuai kondisi di daerah itu sendiri. Contohnya di Sampang Madura, tentang pengangkatan kemiskinan dan pengurangan pengangguran. Anggaran prioritasnya harus diarahkan untuk mengangkat perekonomian yang dapat mengurangi kemiskianan.

“Jika perekonomian naik, tentunya kemiskinan akan berkurang dengan sendiri karena kesejahteraan masyarakat meningkat,” pungkasnya.(yudhie)