Harkamtibmas, Kapolrestabes Surabaya Pimpin Patroli Malam Minggu

Surabaya – Sebagai wujud komitmen Kepolisian Resort Kota Besar (Polrestabes) Surabaya, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol. Rudi Setiawan didampingi pejabat utama, memimpin patroli skala besar untuk pertama kali.

Pelaksanaan patroli skala besar diawali dengan gelar apel didepan kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan, Surabaya. Dalam apel tersebut, mantan Dirreskrimsus Polda Sumatera Selatan ini, memberikan arahan.

Rudi Setiawan menyampaikan, bahwa warga masyarakat secara umum, khususnya malam Minggu hingga ke Minggu malam, menghabiskan waktu liburnya. Sehingga dengan waktu seperti ini, dapat menjadi potensi bagi pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya.

“Jadi sebagai petugas kepolisian yang akan mengolah keamanan ini, kita hadir untuk mengurangi kesempatan terjadinya kejadian gangguan Kamtibmas di kota Surabaya. Kami targetkan kota Surabaya harus selalu dalam keadaan aman disetiap kegiatan masyarakat,” kata Rudi, Sabtu (03/01).

Rudi menegaskan, dalam kegiatan yang dilaksanakan ini, Kepolisian Surabaya menargetkan sasarannya terhadap kejahatan-kejahatan jalanan, konvensional. Mulai  dari Curanmor, Curat, dan Curas, penganiayaan, balap liar, peredaran Narkoba senjata tajam, dan senjata api.

“Termasuk juga potensi-potensi konflik sosial di masyarakat, itu kita coba cegah di malam ini supaya tidak ada kesempatan terjadinya gangguan Kamtibmas. 150 personil tingkat Polres dan diikuti oleh 23 Polsek lainnya. Jadi seluruhnya dari atas bawah melakukan hal yang sama, melakukan pencegahan,” tegasnya.

Usai menggelar apel, agenda kemudian dilanjutkan dengan patroli melintasi sejumlah jalan yang dimungkinkan kerap terjadi aksi kejahatan. Selain berpatroli, Rudi bersama dengan rombongan juga sempat mengontrol pelaksanaan giat Cipta Kondisi Polsek Bubutan.

Giat Cipta Kondisi yang dipimpin oleh Kapolsek Bubutan, Kompol Dies Ferra Ningtyas digelar di Jalan Demak, Surabaya. Dalam pelaksanaan cipta kondisi ini, petugas melakukan pemeriksaan kelengkapan, orang dan barang bawaan terhadap pengendara yang melintas.(asb)