Gubernur Launching Hari Jadi ke-73 Provinsi Jatim

Surabaya – Ada yang menarik saat Launching Hari Jadi ke-73 Provinsi Jawa Timur di Halaman Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Senin (8/10) pagi.

Tim Bola Voli Pemprov Jatim yang dipimpin Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo, mengalahkan Tim Bupati/Walikota dengan skor 50-37.

Bahkan, beberapa kali servis yang dilakukan Pakde Karwo, sapaan lekat Gubernur Jatim ini, tidak bisa ditangkap oleh lawan yang kemudian menambah poin bagi Tim Pemprov Jatim.

Dalam pertandingan ini, Pakde Karwo didampingi beberapa pejabat di lingkungan Pemprov Jatim.

Diantaranya Sekdaprov Jatim, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Prov. Jatim, Kepala Dinas Tenaga Kerja Prov.Jatim dan Kepala Dinas Perhubungan Prov. Jatim.

Sedangkan tim lawan, yakni Tim Bupati/Walikota, diantaranya diperkuat oleh Bupati dan Wakil Bupati Gresik serta Bupati dan Wakil Bupati Madiun.

Sepanjang pertandingan, Pakde Karwo dan para pemain tampak semangat dan penuh keakraban. Hal itu terlihat dari teriakan dan tawa para pemain yang meskipun serius tapi juga santai.

Usai pertandingan, Pakde Karwo yang masih penuh semangat ini mengatakan bahwa voli ini sebagai bentuk sportivitas dan kejujuran. Nilai inilah yang sangat penting dalam dunia birokrasi.

“Kultur yang ada di birokrasi harus didorong kepada sportivitas. Jadi pertandingan voli ini simbolis, yang penting teman-teman kompak, kata Pakde Karwo.

Dorong Ekonomi Digital

Sementara itu, dalam sambutannya, Pakde Karwo mengatakan bahwa dalam era kemajuan teknologi saat ini, Pemprov Jatim terus mendorong pengembangan ekonomi digital tidak hanya di pemasaran tapi juga di proses produksi.

Hal ini sesuai dengan tema Hari Jadi ke-73 Provinsi Jatim yakni Makmurkan Jawa Timur Melalui Industri UMKM Berbasis Digital.

“Kami sudah punya aplikasi yang mempertemukan penjual dan pembeli, rencananya besok di-launching oleh Menteri Perdagangan saat pembukaan Jatim Fair 2018,” katanya.

Selain itu, Pemprov Jatim juga telah bekerjasama dengan beberapa start up seperti bukalapak, tokopedia dan juga media online seperti detik.com, untuk memasarkan berbagai produk UMKM Jatim.

“Saat ini ada 1.294 IKM yang siap ekspor dan masuk pasar internasional, Saya usul ada kursus digital kalau kita mendahului kita akan dapat nilai tambah,” katanya.

Ke depan, lanjutnya, sistem digital ini akan terus dikembangkan terutama di industri agro atau pertanian sehingga para petani akan mendapakan nilai tambah dari produknya.

“Jangan sampai petani dapat kecil, perusahaan yang dapat besar. Ini proses jangka panjang terhadap nilai tambah pertanian,” katanya.

Dalam kesempatan ini, Pakde Karwo menyampaikan terimakasih karena kemajuan dan kesejahteraan yang ditandai dengan berbagai penghargaan yang diraih Provinsi Jawa Timur, merupakan agregat dan kerja keras semua pihak mulai Bupati/Walikota, OPD dan seluruh ASN yang ada di lingkungan Pemprov Jatim.

“Perayaan ulang tahun ini kita rayakan bersama, karena Jatim adalah milik kita bersama, sekaligus ini momentum tepat untuk introspeksi dan melihat Jatim ke depan seperti apa,” katanya.

Peringatan Hari Jadi ke-73 Provinsi Jatim ini diisi dengan berbagai rangkaian acara. Diantaranya Jatim Fair 2018, Tasyakuran dan Pemberian Santunan Anak Yatim, Lomba Burung Berkicau Nasional Pakde Karwo Cup, Festival Sapi Sono dan Istighosah Akbar.

Turut hadir dalam acara ini istri Gubernur Jatim sekaligus Ketua TP PKK Prov. Jatim, Dra. Hj. Nina Soekarwo, M.Si, Sekdaprov Jatim beserta istri, Bupati/Walikota se-Jatim, Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim serta pimpinan BUMD yang ada di Prov. Jatim. (hms)