Gempar, Warga Sekitar SDN Kapasan 3 Surabaya Dihebohkan dengan Temuan Bom Jenis Mortir

Kompol Masdawati bersama Tim Gegana Sat Brimob saat mengevakuasi bom jenis Mortir.

Wartapedia, Surabaya. Warga di sekitar sekolah SDN Kapasan 3 Surabaya kembali di buat heboh. Sebuah bom jenis mortir sepanjang 33 cm ditemukan dalam sebuah galian di sekolah yang akan di bangun gedung tersebut.

Kapolsek Simokerto Polrestabes Surabaya, Kompol Masdawati Saragih mengatakan, ditemukannya mortir tersebut berawal galian yang dilakukan oleh para kuli bangunan. Bom jenis mortir ini ditemukan Senin, 14 Agustus 2017 sekitar pukul 10.00 WIB.

“Panjangnya 33 cm, dan diameternya 9 cm. Kondisi sudah berkarat, diduga masih aktif,” kata Masdawati, Senin (14/08).

Bom jenis Mortir yang ditemukan kuli bangunan SDN Kapasan 3 Surabaya.

Masdawati menuturkan, sewaktu Bedi (24) tukang bor cross, dan Tasmin (30) menggali tanah untuk tiang pancang pembangunan gedung sekolah SDN   Kapasan 3 Surabaya. Ketika sudah sampai pada penggalian sedalam 2 meter, keduanya menemukan besi yang sudah berkarat berupa mortir.

“Setelah menemukan barang tersebut, selanjutnya tukang bor cross menghubungi mandornya, selanjutnya mandor bangunan menghubungi Kepala Sekolah,” tutur Masda.

Kemudian Solikin, Kepala Sekolah SDN Kapasan 3 melaporkan temuan tersebut ke Polsek Simokerto. Selnjutnya, pihak Masdawati bersama dengan sejumlah anggotanya mendatangi lokasi.

“Kami melakukan police line dan menghubungi tim Penjinak Bom, Gegana, Brimob,” tandas Masdawati.

Tak lama kemudian, tim Gegana pun datang segera melakukan evakuasi terhadap bom jenis mortir tersebut. Bom mortir yang di duga peninggalan zaman perang itu pun di bawa ke Markas Brimob Jalan Gresik Surabaya.

Oleh : Achmad Syaiful Bahri