Gelar Upacara Bendara, Polda Jatim Sampaikan Pesan Kapolri

Wartapedia, Surabaya. Upacara bendera yang di gelar oleh Kepolisian Daerah Jawa Timur berjalan dengan khidmat. Bertindak selaku Inspektur Upacara, Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol) Awan Samudera menyampaikan pesan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Pesan amanat yang dititipkan Kapolri Jend. Pol. Tito Karnavian itu adalah agar Polda di seluruh Indonesia meningkatkan keamanan dan kewaspadaan. Pesan itu menjadi amanat utama yang dibacakan Brigjen Pol. Awan Samudera dalam sambutannya di hadapan semua yang hadir dalam pelaksanaan upacara bendera di lapangan utama Mapolda Jatim, Kamis (17/08/2017).

Rastra Gunawan Karo SDM Polda Jatim, kepada wartawan mengataskan, amanat tersebut diberikan Kapolri untuk seluruh Polda se Indonesia. Mengingat kasus-kasus terorisme yang masih tetap membayangi bangsa ini.

“Yang pasti meningkatkan keamanan, lebih kepada seperti itu yang dibacakan Wakapolda terkait masalaj amanat Kapolri dalam rangka HUT RI yang ke 72,” kata Rastra Gunawan, Kamis (17/08).

Dia menjelaskan, pesan utama yang diberikan oleh Kapolri itu, juga diharapkan agar aparat penegak hukum tidak lengah dengan indikasi kejahatan yang ada, karena lebih baik mencegah daripada menangani.

“Peningkatan keamanan, seluruh Indonesia seperti itu, peningkatan kewaspadaan wajar. Karena daerah kita khususnya Jawa Timur kondusif, tentu tidak boleh lengah, kita tingkatkan kewaspadaan,” jelasnya.

Selain untuk menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah, peningkatan keamanan dan kewaspadaan juga diutamakan karena pada 2018 nanti Indonesia akan melaksanakan Pilkada serentak, tak terkecuali Jawa Timur.

Atas hal ini pun, Rastra Gunawan mengungkapkan, bahwa sejatinya wilayah hukum Polda Jatim sendiri tengah mempersiapkan diri untuk mengawal datangnya pesta demokrasi yang sudah berada di ujung mata. Kesiapan itu sendiri baik di tingkat provinsi maupun Kabupatan dan Kota.

“Saya rasa wajar saja, standar saja, kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk itu. Baik pengamanan terbuka, maupun pengamanan tertutup,” tegasnya.

Oleh : Achmad Syaiful Bahri.